Terbaru

Trio Vokal Besutan Yunus Gea Rilis Album Perdana Berbahasa Nias

Gunungsitoli,- Trio vokal yang dibentuk oleh pencipta lagu dan juga penulis skenario di beberapa judul Film berbahasa Nias, Yunus Gea melahirkan album perdana berisikan 10 lagu Nias dan telah diluncurkan pada 02 September 2016 yang lalu.

Trio Vokal asal Kota Gunungsitoli tersebut diberi nama S'nada Trio yang beranggotakan Walman Lase, Alfin Harefa dan Aris Lase. Namun di album emas perdana tahun 2016 tersebut juga ikut bergabung Rocky B.E Duha dan Vince Zendratö sebagai bintang tamu untuk menyanyikan lagu.

"Sebagai trio, mereka masing-masing memiliki jenis suara yang khas dan berbeda. Ketika dipadukan, menghasilkan suatu harmonisasi indah dan bertenaga serta tidak kalah saing dengan trio-trio vokal dari luar daerah" kata Yunus Gea yang biasa dipanggil Ama Pikhel kepada wartanias.com, minggu (11/09/2016).

Kehadiran album perdana S'nada Trio yang diproduseri seorang Sutradara asal Nias Ponti Gea tersebut melalui perjalanan panjang.

"Rekaman pertama pada Bulan Mei 2016 yang lalu, namun terdapat beberapa kendala saat pengerjaan, seperti waktu dan biaya sehingga baru bisa dirilis sekarang," katanya tentang S'nada trio yang sudah mulai aktif mendapat panggilan manggung tersebut.

Pembentukan S'nada Trio ini juga tak terlepas dari kekaguman Yunus Gea terhadap vokal masing-masing personil saat diundang diacara pesta pernikahannya pada 11 Juni 2015 yang lalu.

"Suara mereka sangat bagus dan sangat menghibur dan saya sangat tertarik. Mereka minta untuk diorbitkan, Awalnya saya ragu karna saya hanya sebagai pencipta lagu dan bukan sebagai produser, Akhirnya kami sepakat untuk mencari produser secara bersama-sama, dan saya menciptakan lagu buat mereka,"ucap Yunus yang juga mengajar dibeberapa SMK di Pulau Nias tersebut.

Kemudian Yunus Gea menghubungi seorang produser Ponti Gea yang ada di Kota Medan. Awalnya menurut Yunus, Produser tersebut sempat ragu akan kualitas suara yang dimiliki ketiga personil grup vokal itu. Namun berkat dorongan dari Yunus untuk tetap meyakinkan Ponti Gea, akhirnya Grup Vokal itu diterima untuk rekaman di Medan.

"Untuk pembuatan Album S’nada Trio ini mulai dari masa Latihan, biaya hidup saat rekaman dan shoting video klip, biaya musik, rekaman studio, editing, cover dan penggandaan VCD kami menghabiskan biaya sekitar 60 juta rupiah,"kata suami dari Senny Puteri Daely tersebut.

Dari seluruh biaya yang dikeluarkan itu, menurut Yunus baru sekitar 15 juta rupiah yang telah kembali dari hasil penjualan album sejak diluncurkan. "Namun masih ada dilapangan yang sedang dalam proses pemasaran,"ujar lulusa Sarjana Komputer itu.

Dijelaskannya, dalam Album S’nda Trio tersebut ada satu lagu kisah nyata yang membuat orang sangat terharu yaitu lagu berjudul 'Akhigu Si Emi' yang dia ciptakan sendiri. Lagu itu adalah kisah meninggalnya isteri dari produser Ponti Gea disaat proses rekaman S'nada Trio pada Mei 2016 yang lalu.

"Ada juga lagu kisah nyata berjudul Ono Alawe Mefòna ciptaan saya yang memberi nasehat bagaimana perbedaan wanita zaman dulu dengan wanita zaman sekarang. Selain itu lagu berjudul Oya Lala Ba Roma juga merupakan kisah hidup seorang pemuda yang pantang menyerah dalam menjunjung nilai-nilai adat dalam mahar pesta,"jelasnya.

Ditambahkannya, Album S'nada Trio sengaja merek Kunci (Protec) sehingga tidak bisa di copy paste melalui Komputer agar masyarakat Nias yang mencintai lagu-lagu berbahasa Nias tidak dimanjakan dengan hasil copy paste dan bisa menghargai karya anak Nias dengan membeli kaset Originalnya.

"Kaset Original dapat diperoleh di Toko penjualan Kaset tepat didepan  Pegadaian Kota Gunungsitoli dan juga Toko Jefri sebelah kiri kantor PM Gunungsitoli. Bagi yang diluar daerah Nias dapat menghubungi Contak Person 0821 6183 0339 atau nomor HP saya di 0853 7029 9919,"tambahnya.

Untuk diketahui, 10 lagu yang dimuat didalam album ini antara lain berjudul Akhigu Si Emi, Ono Alawe Mefòna, Tòimò Putri, Oya Lala Ba Roma, Fa'omasi Mbòlòsòni, Inagu No Marase, Mate Mate Auri, Faehu Lala Wa'auri dan Tònu Wa'auri. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara