Terbaru

Ada Masalah Ditingkat Desa, Pilkades Idanòtae Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Ditunda

Camat Gunungsitoli Idanoi, Emanuel Zebua |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Berhubung karena ada permasalahan yang belum terselesaiikan antara anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terkait proses dan tahapan penetapan bakal calon kepala desa Idanòtae, Wali Kota Gunungsitoli menunda pelaksanaan Pilkades di Desa tersebut sampai pada waktu yang belum ditentukan.

Penundaan pelaksanaan Pilkades di Desa Idanòtae itu dibenarkan oleh Camat Gunungsitoli Idanoi, Emanuel Zebua kepada wartanias.com di ruanh kerjanya, Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi, Jalan Turendra, Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Rabu (26/10/2016).

"Berdasarkan Surat Bapak Wali Kota Gunungsitoli, Pelaksanaan Pilkades di Desa Idanòtae ditunda dan pelaksanaannya akan ditentukan lebih lanjut,"kata Emanuel.

Ia menjelaskan, penundaan Pilkades Idanòtae itu karena BPD di Desa tersebut tidak sepaham pada proses penetapan calon kepala desa.

"Pada 3 Oktober 2016 yang lalu, 3 dari 5 orang BPD menyurati kami bahwa tidak setuju atas tindakan wakil ketua BPD Idanòtae atas nama Derius Hura yang menandatangani dan menstempel administrasi yang berhubungan dengan pelaksanaan Pilkades tanpa persetujuan ketua dan anggota BPD lainnya,"jelasnya.

Menurut Camat Idanoi, pihaknya telah memfasilitasi para anggota BPD tersebut untuk melakukan evaluasi dan klarifikasi terkait pelaksanaan Pilkades, namun tidak membuahkan hasil.

"Karena tidak ada kesepakatan di tingkat desa, Bapak Wali Kota meyurati kami untuk menunda pelaksanaan Pilkades di Desa tersebut dengan nomor surat 141/8021/BPM,PP dan Pemdes,"tambahnya.

Untuk diketahui, dari 26 desa di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, 14 Desa diantaranya akan melaksanakan Pilkades serentak, Kamis (27/10/2016) besok.

Desa yang akan melaksanakan Pilkades tersebut adalah Simanaere, Tuhegeo I, Dahana, Hilimbawadesolo, Bawadesolo, Siwalubanua II, Lolo'ana'a Idanoi, Hilihambawa, Helefanikha, Fadoro, Awaai, Siwalubanua I, Samasi dan Tetehosi II. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara