Terbaru

BMKG Gelar Gladi Ruang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Di Nias

Suasana gladi mitigasi bencana oleh BMKG |Foto: Budi Gea
Nias,- Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas III Gununungsitoli menggelar gladi ruang mitigasi gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Nias yang dilaksanakan di Grand Kartika Restaurant. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 17-18 Oktober 2016.

Deputi bidang Geofisika BMKG, Dr.Masturyono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan gladi ruang mitigasi gempa bumi dan tsunami dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Nias dalam hal mencegah dan menanggulangi bencana gempa bumi dan tsunami.

"Dengan kegiatan ini, kita akan mencoba memahami apa yg diberikan oleh BMKG dalam rangka menangani bencana secara bersama sama. BMKG selalu meningkatkan sarana dan prasarana dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,"kata Masturyono.

Menurutnya, gladi mitigasi gempa bumi dan tsunami itu juga untuk menyatukan pemahaman dalam menghadapi bencana yang akan terjadi di Pulau Nias.

"Penyelamatan yang efektif adalah penyelamatan mandiri, yang artinya setiap orang harus mempunyai pengetahuan untuk menyelamatkan diri dari gempa dan tsunami,"ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kabupaten Nias, Elizaro Waruwu yang mewakili Bupati Nias dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat harus merubah paradigma dalam menghadapi bencana yakni dari menanggulangi menjadi mencegah bencana.

"Oleh karena itu Nias dituntut untuk siap siaga dalam menghadapi bencana baik gempa bumi maupun tsunami. Perubahan paradigma kalau dulu menanggulangi bencana dan saat ini harus menjadi mencegah bencana,"kata Waruwu

Pemerintah Kabupaten Nias menurut dia sangat beruntung dengan acara mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami tersebut untuk membangun kesadaran masyarakat atas bencana yang akan melanda di waktu yang tidak menentu.

"Pemerintah daerah juga telah menyediakan satu perangkat untuk memantau perkembangan cuaca iklim dan bencana yang akan terjadi di Nias yang sudah diserahkan kepada BMKG,"ujar Elizaro.

Kegiatan itu dihadiri oleh BPBD se Kepualaun Nias, Dandim 0213 Nias, Kapolres Nias, Forkimopida Kabupaten Nias dan seluruh Pegawai BMKG Gunungsitoli. (HZ)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara