Terbaru

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Nias Gelar Rakor Lintas Sektoral

Rakor Lintas Sektoral di Polres Nias
GuKapolres Nias AKBP Bazawato Zebua, SH,MH membuka Pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral  dalam Rangka Operasi Kepolisian Lilin Toba - 2016 tentang  Kesiapan Pengamanan Perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Wilayah Hukum Polres Nias di Aula Kamtibmas Poles Nias, Rabu (21/12/2016).

Tujuan Rakor itu untuk melihat sejauh mana kesiapan masing-masing pihak sesuai dengan bidang masing-masing dalam rangka Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kabag Ops Polres Nias Kompol Irfan Syahrial memaparkan bahwa Personil yang dilibatkan dalam Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2016 sejumlah 105 Oranng Personil. Sedangkan Pos Pengamanan sebanyak 7 Pos PAM  Yakni Pos Pengamanan Pelabuhan Laut Gunungsitoli, Pos Pengamanan Bandara Binaka Gunungsitoli, Pos Pengamanan  Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, Pos Pengamanan di Desa Fadoro Kecamatan Mandrehe, Pos Pengamanan Gido, Pos Pengamanan Jalan Sirao, dan Pos Pengamanan di Kecamatan Bawolato.

"Sasaran pengamanan adalah tempat Ibadah (Gereja), Sentra perekonomian, perbankan (Bank), pegadaian, tempat rekreasi (Wisata), Jalur utama menuju tempat Ibadah bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru,"kata Kompol Irfan.

Sementara itu, Manager PLN Area Gunungsitoli-Nias, Krisantus H.  Setyawan dalam paparannya menyampaikan bahwa kondisi kelistrikan menjelang natal dan tahun baru ini telah mencukupi.

"Hanya saja yang bisa menjadi permasalahan adalah faktor alam. Misalnya cuaca ekstrim yang mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang menimpa jaringan konstruksi PLN,"ujar Krisantus.

Pigak Bandar Udara Binaka Gunungsitoli mengatakan bahwa Angkutan udara dalam Rangka perayaan natal dan tahun baru telah memadai. Penerbangan dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia, Wing`s Air dan Susi Air.

"Apabila ada maskapai pada saat jelang natal dan tahun baru tidak dapat menampung penumpang diupayakan penambahan Penerbangan atau Extra Flight,"kata Kepala Bandara.

Pihak Bandara Binaka juga mengaku pigaknya telah meningkatan upaya dalam manjaga keamanan penerbangan melalui pengetatan pemeriksaan penumpang dan bagasi berangkat di Security Check Point I dan Security Check Point II melalui mesin X-Ray, Walk Through Metal Detector dan Hand Held Metal Detector yang di jaga oleh personil Aviation Security, Penjagaan di area Terminal kedatangan oleh personil aviation security, Keamanan Penunjang Berupa CCTV di beberapa titik Krusial.

Demikian juga stok BBM, Pihak Pertamina mengatakan bahwa ketersediaan BBM menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru cukup.

Sementara Pihak Pelindo menyampaikan bahwa untuk angkutan penumpang pada perayaan Natal dan Tahun baru tidak ada kendala. Selain Kapal yang melayani dari Sibolga ke Gunungsitoli dan juga sebaliknya, ditambah lagi dengan datangnya Kapal Lawit sehingga Untuk Angkutan Laut mencukupi.

Rakor Lintas Sektoral yang di Laksanakan di Polres Nias, dihadiri oleh, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, Dandim 0213 / Nias Letkol Arm Edmund Gultom M.si, Kajari Gunungsitoli P. Bakkara,SH,MH, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli , Perwakilan dari Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, Satpol PP Pemko dan Pemkab seluruh wilayah hukum Polres Nias, Dinas Kesehatan Pemko dan Pemkab sewilayah hukum Polres Nias, Perwakilan dari bandara udara binaka Gunungsitoli, Perwakilan dari Pertamina, Dansubdenpom 1/2 Nias, Perwakilan dari Pelindo Gunungsitoli,  Perwakilan dari Syahbandar Gunungsitol, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara