Terbaru

Tindaklanjuti Pesan Jokowi, Pemko Gunungsitoli Bagikan 100 Kapal Boat Kepada Nelayan

Nelayan mendapat bantuan kapal motor |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Mendindklanjuti pesan Presiden Joko Widodo sewaktu berkunjung di Kota Gunungsitoli pada Agustus 2016 yang lalu terkait pengembangan bidang perikanan, Pemerintah Kota Gunungsitoli membagikan 100 unit kapal boat (0,5 GT) kepada nelayan, di Desa Sisarahili Gamo Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (10/01/2017).

100 unit kapal motor 0,5 GT beserta kelengkapannya itu dibagikan kepada 45 kelompok nelayan yang berada di pesisir pantai yakni Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Selatan dan Kecamatan Gunungsitoli Utara.

"Kegiatan ini merupakan program pemerintah Kota Gunungsitoli pada tahun 2016 yakni pengadaan kapal motor Fibreglass 0,5GT untuk membanti nelayan. Selain itu program ini juga sekaligus menindaklanjuti pesan Pak Jokowi yang menitipkan pengembangan potensi perikanan di Kota Gunungsitoli,"kata Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Aliran Telaumbanua.

Kedepan, menurut Aliran pihaknya akan terus mengembangkan potensi perikanan di Kota Gunungsitoli untuk memenuhi kesejahteraan para nelayan.

"Kedepan ini bisa juga ada Pendapatan Asli Daerah melalui pengolahan bidang perikanan ini,"ungkapnya.

Dari data yang diperoleh, dana pengadaan kapal motor fiberglass itu bersumber dari APBD Kota Gunungsitoli tahun 2015 ditambah DAK tahun 2016.

Pantauan wartanias.com, Pemerintah Kota Gunungsitoli juga melengkapi kapal motor itu dengan dengan mesin 6,5 PK. Sejumlah nelayan mengaku gembira atas perhatian pemerintah dengan bantuan kapal motor itu.

"Wah, kami sangat senang bang. Bantuan ini paling tidak bisa menambah hasil tangkapan kami,"ucap salah seorang nelayan dari Gunungsitoli Idanoi. 

Penyerahan kapal motor fiberglass kepada para nelayan juga dihadiri oleh Wali Kota Gunungsitoli Lakhòmizaro Zebua, Wakil Wali Kota Sowa'a Laoli, Wakil Ketua DPRD Hadirat ST Gea dan sejumlah Anggota DPRD. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara