Terbaru

Eks Kantor Disdik Nias Dipinjamkan Ke STIE Selama Tiga Tahun, Setelah Itu.??

Eks Kantor disdik Nias |Foto: Budi
Gunungsitoli,- Terkait sengketa sejumlah aset Eks Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) millik Pemerintah Kabupaten Nias yang berada di jalan Karet Kota Gunungsitoli dan termasuk wilayah Kota Gunungsitoli, Wali Kota Gunungsitoli Lakhòmizaro Zebua dan Bupati Nias Sòkhiatulo Laoli melakukan pertemuan di Pendopo Bupati Nias, Kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli, Jumat (24/02/2017) sore.

Pada pertemuan itu kedua kepala daerah tersebut menyepakati bahwa eks kantor disdik Nias akan dipinjamkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nias (STIE Pembnas Nias) selama tiga tahun.

Pertemuan yang turut dihadiri oleh sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) seperti Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, Kejaksaan dan Sekretaris Daerah tersebut berlangsung sekitar dua jam lebih dan tertutup bagi media.

Usai pertemuan, Bupati Nias bersama Wali Kota Gunungsitoli melayani wartawan di ruang tunggu Pendopo. Sokhiatulò menjelaskan pertemuan tersebut membahas terkait sengketa aset eks kantor dinas pendidikan kabupaten nias yang berada di Jalan Karet Kota Gunungsitoli yang hendak dijadikan sebagai kampus STIE.

"Pertemuan sore ini membicarakan masalah yang mungkin kalian sudah tahu semua. Tadi kami fokus membicarakan eks kantor disdik tersebut.  Dan kami sepakat ya tetap kita serahkan kepada STIE dengan sistem pinjam pakai selama tiga tahun,"jelas Sokhiatulo.

Setelah 3 tahun, menurut Bupati aset tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli.

"Setelah tidak dipakai lagi oleh STIE maka kita serahkan ke pemko gunungsitoli melaui P3D karena penyerahan aset itu diatur dengaan UU harus melalui P3D dan itu dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Gunungsitoli Lakhòmizaro Zebua juga membenarkan bahwa pertemuan tersebut membicarakan dan meluruskan semua masalah terkait sejumlah aset Pemkab Nias yang masih belum diserahkan ke Pemko Gunungsitoli setelah lima tahun lebih memekarkan diri termasuk eka kantor disdik nias tersebut.

"Tak usah ditanya lagi saya lah. Kan Pak Bupati sudah menjelaskannya. Yang penting kami sudah sepakatlah seperti yang dikatakan pak Bupati,"kata Lakhòmizaro ketika ditanya wartawan.

Ditempat terpisah, Ketu STIE Pembnas Nias Fatolosa Hulu kepada wartanias.com mengatakam bahwa setelah ada kesepakatan antara dua kepala daerah tersebut, pihaknya akan menata kantor itu menjadi kampus dan perkuliahan akan dimulai pertengahan maret mendatang.

Ditanya kemana lagi Kampus STIE dipindahkan setelah masa waktu pinjam pakai selama tiga tahun selesai, Fatolosa mengaku menyerahkan hal tersebut kepada pihak Yayasan Perguruan Tinggi Nias.

"Kalau soal itu bukan wewenang saya. Itu wewenang pihak yayasan,"kata Fatolosa melalui telepon selulernya, Sabtu (25/02/2017).

Hingga berita ini tayang, Ketua Yaperti Nias belum bisa dikonfirmasi karena hari libur kantor. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara