Terbaru

Ini Program BPBD Nias Utara Untuk Penanganan Bencana Tahun 2017

Kepala BPBD Nias Utara Yoniria Nazara
Nias Utara,- Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias utara, Yoniari Nazara diruang kerjanya Kantor BPBD Kabupaten Nias Utara nengatakan akan meningkatkan penanganan serta pencegahan Bencana dengan melaksanakan beberapa program BPBD yang telah direncanakan untuk Tahun 2017 ini.(Kamis,02/02/2017)

Yoniari Nazara menjelaskan dalam menghadapi bencana seperti Banjir, tanah longsor dan lain-lain BPBD Kabupaten Nias Utara akan melaksanakan Sosialisasi Kesiapsiagaan menghadapi Bencana yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat apabila terjadi bencana tidak akan kaget atau trauma, dan peserta diharapkan dalam melaksanakan Sosialisasi ini nanti dari Kepala Desa dan perangkat desa.

"Untuk menghadapi bencana BPBD juga melaksanakan Pelatihan Kepada Tenaga Operator Perahu Karet yang telah kita rekrut dari kalangan masyarakat sebanyak 6 (enam) orang dan sebagaimana yang telah kita ajukan di APBD tahun 2017 ini akan dibayarkan berupa insentif kepada Operator Perahu Karet sebesar Rp.500.000. Perbulan,"ujarnya.

Ia juga mengatakan ditahun 2017 ini BPBD Kabupaten Nias Utara akan melaksanakan Pembekalan Keterampilan Sederhana kepada masyarakat yang bertujuan seandainya terjadi bencana masyarakat bisa mandiri dan bertahan hidup sementara ditempat pengungsian.

"Semua kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan di tahun 2017 ini akan kita undangkan beberapa Instansi-instansi terkait dan juga Narasumber dari Provinsi Sumatera Utara,"ucapnya.

Selain itu, Yoniari Nazara juga menjelaskan bahwa telah mengusulkan proposal pembangunan Normalisasi Sungai ke Pemerintah Daerah juga ke Pemerintah Pusat Provinsi mengingat yang selama ini bencana yang sering terjadi di Kabupaten Nias Utara yaitu Banjir.

"Apabila usulan Normalisasi sungai ini terealisasi akan kita laksanakan di Sungai Ehau Kecamatan Lotu, Sungai Sowu Kecamatan Sitolu Ori, Sungai di Tumula Kecamatan Alasa,"jelasnya. (HaogĂ´ Zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara