Terbaru

Yayasan Pusaka Nias Luncurkan Website Resmi Dan Buku 'Turia Mazinò'

Peluncuran website museum pusaka nais |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Yayasan Pusaka Nias akhirnya meluncurkan sebuah situs Website resmi yakni www.museum-nias.org serta meluncurkan sebuah buku dengan judul 'Turia Majinò' di ruang pertemuan kantor Museum Pusaka Nias, jalan Yos Sudarso Kota Gunungsitoli, Kamis (06/04/2017).

"Website ini sangat bagus karena didalam terdapat dua jenis bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jadi, wisatawan manca negara sekalipun bisa mengakses web tersebut,"kata Direktur Yayasan Pusaka Nias, Nata'alui Duha.

Website tersebut dirancang dan didesain oleh dua orang relawan dari negara Australia Bjòrn Svensson dan Shanti Fowler serta membutuhkan waktu selama dua tahun. Website tersebut bisa diakses melalui www.museum-nias.o

"Website ini telah diisi berbagai macam tulisan, baik tentang pariwisata Nias, Kebudayaan Nias, Sejarah Nias, Pendidikan maupun informasi terkait penginapan yang ada di Nias dan tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Nias. Tetapi informasi yang ada didalam hingga saat ini baru mencapai sembilan puluh persen dan akan terus kita tingkatkan,"ucap Duha.

Selain itu, web resmi museum pusaka nias itu juga menampilkan apa saja yang ada didalam museum seperti taman rekreasi, buku-buku, pakaian adat dan sebagainya.

"Tujuan pembuatan web ini agar semua masyarakat luas bisa mendapatkan informasi tentang Nias baik dari segi budaya maupun Pariwisata Nias,"ujarnya.

Yayasan Museum Pusaka Nias juga meluncurkan sebuah buku dengan judul Turia Majinò. Buku setebal 130 halam itu ditulis dan diedit oleh Pastor Johannes M Hammerle.

Buku tersebut menceritakan tentang rumah adat besar di desa Hilinawalò Mazinò Kecamatan Mazinò Kabupaten Nias Selatan. Didalam buku itu juga diceritakan misteri asal usul Hawa serta misteri lain dalam hidupnya serta menceritakan pemeriksaan bòrònadu oleh Pemerintah Hindia-Belanda tahun 1939.

"Buku Turia Mazinò ini juga diperjualbelikan kepada masyarakat umum dengan tarif 55.000 rupiah. Bagi yang berminat bisa mendapatkannya di Museum Pusaka Nias,"tambahnya.

Kegiatan peluncuran website dan buku turia mazinò itu dihadiri oleh seluruh pengurus yayasan pusaka nias, tokoh masyarakat, dinas pariwisata Gunungsitoli dan wartawan. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara