Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 23 Juni 2017

8 Miliar APBD Nias Disiapkan Melayani 19.746 Warga Miskin Melalui Jamkesmas

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli |Foto: Budi Gea
Nias,- Pemerintah Kabupaten Nias menganggarkan dana APBD senilai 8 Miliar Rupian untuk melayani 19.746 jiwa warganya dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Hal itu diungkapkan Bupati Nias S├▓khiatulo Laoli saat Temu Pers di ruang Oval Kantor Bupati Nias Jalan Pelud Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Rabu (21/06/2017).

"Tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Nias menyiapkan anggaran 8 Miliar selama 12 Tahun untuk 19.746 warga Miskin di Kabupaten Nias,"ucap Sokhiatulo.

Dijelaskannya bahwa anggaran tersebut telah ditampung dalam APBD Kabupaten Nias sesuai dengan Perda Nomor 12 tahun 2016 tentang Jamksesmas serta Perbub Nias Nomor 76 tahun 2016 tentang Juknis Jamkesmas di Kabupaten Nias.

"Kita juga telah membuat perjanjian kerjasama antara Pemkab Nias dengab BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli tentang kepesertaan program JKN bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemkab Nias,"jelasnya.

Program Jamkesmas tersebut menurut Bupati untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias khusus bidang kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakay kurang mampu tanpa dibebani biaya.

Jenis pelayanan yang akan didapatkan bagi peserta Jamkesmas tersebut adalah Pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap tingkat pertama, pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap tingkat lanjutan, pelayanan Gawat Darurat dan pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI.

Sebelumnya, Jumlah warga Kabupaten Nias penerima bantuan Iuran Kesehatan dari Pusat adalah 86.564 Jiwa sedangkan Bantuan Iuran dari Provinsi Sumatera Utara untuk Kabupaten Nias adalah 1.299 Jiwa. (MM)
Back To Top