Terbaru

Poskesdes Dusun IX Desa Umbubalodano Belum Difungsikan

Poskesdes Dusun IX Desa Umbubalodano | Foto : Haogo Zega

Nias Utara,-Poskesdes di Dusun IX (sembilan) Desa Umbubalodano Kecamatan Sitolu Ori yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara beberapa tahun yang Lalu, hingga kini belum difungsikan. Masyarakat sekitar berharap Pemda untuk segera memfungsikan Poskesdes tersebut.

"Kami sangat membutuhkan Poskesdes ini, karena selama ini masyarakat yang ingin berobat atau sakit mendadak harus dibawa ke Poskesdes desa tetangga bahkan ke RSUD Gunungsitoli jika gawat darurat, Sementara kondisi jalan dari dusun sembilan ini tidak dapat dilalui kendaraan Roda empat, jadi penanganan bagi seseorang yang hendak berobat itu sangat terlambat," tutur Roni warga disekitar lokasi Poskesdes, Selasa (27/06/2017).

Ditambahkannya, bahwa masyarakat berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara supaya menempatkan Tenaga Kesehatan di Poskesdes untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pengobatan.

Ketua BPD Desa Umbubalodano, Semangat Juang Zega mengatakan bahwa sebelumnya Poskesdes tersebut sangat di sambut baik oleh masyarakat.  Karena dengan adanya poskedes masyarakat yang sedang sakit tidak perlu jauh-jauh untuk berobat.

"Kondisi Poskesdes sekarang sangat memprihatinkan dikarenakan sampai saat ini belum di tugaskan tenaga kesehatan dan bila tidak fungsikan dalam waktu dekat maka bangunan Poskesdes di Dusun Sembilan Desa Umbubalodano akan mengalami kerusakan karena petugas kebersihannya juga tidak ada,"ucap Juang Zega.

Kondisi poskesdes yang tidak terawat tersebut, membuat masyarakat Desa berharap banyak agar Pemerintah Kabupaten Nias Utara dapat menugaskan tenaga kesehatan di Poskedes tersebut guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat utamanya yang berada di Dusun Sembilan Desa Umbubalodano.(HaogĂ´ zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara