Berita Terbaru
Loading...
Rabu, 05 Juli 2017

Ini Alasan Mengapa Perlu Dibentuk Pengurus HIMNI Di Pulau Nias

Ketua Umum dan Sekjen HIMNI |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Dewan Pengurus Daerah Khusus (DPDK) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HMNI) Sekepulauan Nias telah dilantik. Berbagai pertanyaan muncul dipublik sebelum dan pasca dilantiknya seluruh Pengurus DPDK maupun DPC HIMNI Pulau Nias itu.

Tak terkecuali di Sosial Media, Seperti postingan akun Facebook Bethel Ndraha, pemilik akun yang diketahui salah seorang tokoh masyarakat kabupaten nias itu menanyakan kenapa perlu dibentuk organisasi HIMNI di Pulau Nias karena menurut dia HIMNI adalah organisasi yang dibentuk diluar Nias yang tujuannya adalah mempersatukan orang-orang Nias yang berdomisili di Luar Pulau Nias.

"HIMNI =Himpunan Masyarakat Nias Indonesia...... Katanya mau di buka di Nias.... Menurut sahabat DUMAY perlukah ormas tsb di buka di Nias? Lalu kalau orang Nias yang di Nias tidak gabung dengan HIMNI apakah mereka bukan orang Nias? Menurut saya HIMNI adalah ormas yg di bentuk di luar daerah Nias untuk menyatukan orang Nias di perantauan lalu kalau HIMNI di buka di Nias... Orang nias mana yang di satukan???? Mohon tanggapan...,"tulis pemilik akun Facebook Bethel Ndraha yang diposting pada Selasa (04/07/2017) pukul 07:59.

Tidak hanya itu, dipantau didalam kolom komentar postingan tersebut, akun Facebook Tuhoni Telaumbanua yang dikenal sebagai salah seorang tokoh agama di Kota Gunungsitoli juga mengkritik pembenukan organisasi HIMNI di Pulau Nias tersebut.

"Saya gagal memahami. Ono Niha, sowanua ba Danö Niha, hatö tobali daha sambua ORMAS,"tulis pemilik akun Tuhoni Telaumbanua di kolom komentar postingan Bethel Ndraha itu.

Menanggapi kritikan-kritikan tersebut, Ketua Umum HIMNI Marinus Gea dalam arahannya usai melantik pengurus DPDK dan DPC HIMNI sekepulauan nias, Selasa (04/07/2017) malam menjelaskan bahwa pembentukan HIMNI di Pulau Nias merupakan hasil Musyawarah Nasional ketiga pada tahun 2008 dan 2009 di Jakarta.

Ia juga menjelaskan bahwa sangat perlu dibentuk pengurus HIMNI di Pulau Nias sebab muara perjuangan organisasi HIMNI adalah Pulau Nias.

"Kami sampaikan bahwa pembentukan DPDK dan DPC HIMNI sepulau nias merupakan hasil dari Munas ketiga di Gunungsitoli. Pada Munas tersebut disepakati bahwa Pulau Nias merupakan muara perjuangan kita. Seluruh perjuangan HIMNI ditingkat Nasional tujuannya hanya satu adalah demi kepentingan dan kemajuan Pulau Nias yang kita cintai ini,"tegas Marinus Gea.

Organisasi HIMNI menurut dia adalah merupakan tempat untuk menampung dan menyalurkan aspirasi seluruh elemen masyarakat Pulau Nias secara umum.

"Saya tegaskan HIMNI didirikan bukan untuk kepentingan organisasi politik, bukan kepentingan Partai Politik, bukan kepentingan segelentir orang, bukan kepentingan LSM, OKP dan Ormas tertentu. Tapi HIMNI di Pulau Nias ini dibentuk untuk kepentingan seluruh masyarakat Pulau Nias dan orang Nias di seluruh Indonesia,"jelasnya.

Marinus juga menjelaskan bahwa sesuai dengan cita-cita Organisasi HIMNI seluruh Provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia harus dibentuk struktur kepengurusan organisasi HIMNI. DPD HIMNI Pulau Nias disebut Khusus karena saat ini Pulau Nias masih belum menjadi Provinsi. 

"HIMNI adalah sebuah tempat untuk melayani masyarakat dari setiap kepentingan aspirasinya. HIMNI tidak memiliki sumber dana yang tetap. HIMNI juga tidak memiliki sumber dana dari Pemerintah dan tidak menjadi bagain yang dibiayai oleh pemerintah,"ujarnya.

Untuk itu ditambahkan Marinus seluruh pengurus yang berada di HIMNI menyebut bahwa organisasi HIMNI sebagai tempat pelayanan yang tulus dan penuh pengorbanan.

Untuk diketahui, sejak berdiri dari tahun 2000, DPP HIMNI telah berhasil membentuk kepengurusan di 23 Provinsi dan 107 Kabupaten Kota seluruh Indonesia. (Budi Gea)
Back To Top