Terbaru

Kapal Boat 0,5 GT Bantuan Dari Pemko Gunungsitoli Diduga Diperjualbelikan

Kapal boat 0,5 GT di wilayah kabupatn nais selatan |Foto: Budi
Gunungsitoli,- Puluhan kapal boat 0,5 GT bantuan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli kepada sejumlah kelompok nelayan di Kota Gunungsitoli diduga sebagian diperjualbelikan.

Berdasarkan penelusuran wartanias.com pada bulan juni 2017, puluhan kapal boat yang diterima kelompok nelayan secara gratis dari pemko Gunungsitoli itu terlihat disusun dibeberapa lokasi di Kabupaten Nias Selatan.

Bahkan wartanias.com juga melihat sejumlah kapal boat itu disembuyikan di belakang salah satu rumah warga di Kabupaten Nias Selatan. Kapal-Kapal boat itu dipastikan milik Pemko Gunungsitoli terlihat dari logo Pemko Gunungsitoli di body kapal.

Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemko Gunungsitoli, Aliran Telaumbanua, Rabu (12/07/2017) mengakui bahwa puluhan kapal boat nelayan itu dijual sendiri oleh para kelompok nelayan dengan alasan masalah keuangan.

"Kami juga telah mendengar informasi itu, tim dari dinas kelautan telah melaksanakan penelusuran dan dipastikan bahwa para kelompok nelayanlah yang melakukan transaksi jual beli kapal boat milik Pemko itu,"katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan itu mengatakan bahwa ada dua kelompok tani yang melakukan transaksi jual beli kapal boat itu.

"Kelompok nelayan Mandiri dan satu lagi kelompok nelayan di Kelurahan Saombò,"ujarnya.

Menurut dia, para nelayan mengaku menjual kapal-kapal boat itu mulai dari 3 juta hingga 4 juat setiap unit.

"Kami telah melakukan pendekatan dan pembinaan kepada para kelompok nelayan itu, namun kalau tidak ada respon terpaksa kami akan serahkan kasus ini kepada Pihak yang berwajib,"tambahnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara