Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 22 Agustus 2017 Dibaca kali

Transformer Terganggu Sebabkan Listrik Padam Sesaat Di Nias

Transformer yang mengalami gangguan
| Foto : Dok. PLN Nias
Gunungsitoli - Pemadaman listrik sesaat yang kerap terjadi dalam seminggu ini disebabkan adanya gangguan pada sistem transformer  dari Pembangkit PLTG 1x25 MW MPP Nias. Hal tersebut disampaikan Kepala PLN Cabang Nias, Poltak Samosir melalui aplikasi pesat whatsup, Selasa (22/8/2017).

"Tidak ada kendala dengan pembangkit, pembangkit dapat beroperasi namun tidak dapat mengirimkan energi listrik, akibat adanya gangguan pada transformer tersebut, sementara listrik dapat disalurkan pembangkit ke sistem jaringan PLN Nias harus melewati sistem transformer yang terganggu itu," tulisnya.

Akibat dari gangguan itu, PLTG tidak bisa berkontribusi mengirim listrik. Sehingga daya mampu sistem Nias berkurang 25 MW dari 50,1 MW. Padahal Beban pemakaian pelanggan pada saat Beban Puncak selama ini sebesar 29 MW. Pada waktu beban puncak pukul 18.00 sd 22.00 dan 05.00 sd 07.00 WIB itulah akan ada defisit Daya sebesar kurang lebih 4 MW

"Dengan adanya kemungkinan defisit daya tersebut maka besar kemungkinan akan ada pemadaman bergilir pada jam tersebut. Kondisi ini dapat selesai sampai gangguan trafo dari PLTG selesai diperbaiki,"tulisnya mengakhiri. (Budi Gea)
Back To Top