Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 08 Agustus 2017

Wow, Ini Dia Air Terjun Fahandrona di Desa Siwalubanua I Idanoi

Air terjun Fahandrona |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Selain air terjun Humogo di desa Fadoro Idanoi, ternyata di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi masih terdapat satu objek wisata alam yang tidak kalah unik yakni air terjun Fahandrona. Air terjun yang sama sekali belum diketahui orang banyak ini, memiliki keunikan seluncuran air dari biasanya.

Dari Kota Gunungsitoli, lokasi wisata Air Terjun Fahandrona dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 30 Menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat. Apabila dari arah Bandara Binaka anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di Lokasi.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda menyiapkan bekal dan pakaian ganti, karena di sekitar air terjun tidak terdapat warung. Sedangkan pakaian ganti diperlukan bagi Anda yang tergoda untuk menikmati berenang di salah satu kolam Air terjun Fahandrona itu.

Saat ini, untuk sementara akses jalan menuju Air terjun ini masih belum dibuka. Anda hanya bisa melalui jalan yang biasa dilalui oleh warga setempat untuk berkebun di sekitar lokasi air terjun. Kendaraan anda harus diparkir di bahu jalan dan berjalan kaki sejauh 300 meter.

Berjalan kaki sejauh 300 meter membutuhkan waktu sekitar 10 menit yang cukup menguras tenaga karena menuruni lembah. Namun hal itu bisa tergantikan saat sampai di lokasi. Gemuruh suara air terjun dan kicauan burung yang mengeluarkan beraneka bunyi, membuat setiap pengunjung merasakan suasana damai.

Wartanias.com ketika menyambangi lolasi pada, Selasa (08/08/2017) terlihat seorang pria paruh baya sedang membersihkan rumput di kebun kelapa miliknya. Pria tersebut adalah Ama Riswan Gea.

Ia mengatakan bahwa selama ini, tidak ada satupun orang luar yang datang melihat air terjun Fahandrona itu. Hal itu disebabkan karena lokasi air terjun itu belum diketahui orang banyak.

"Hanya warga Desa disini saja yang mengetahui keberadaan air terjun ini,"kata Ama Riswan.

Pantauan wartanias.com, lokasi air terjun itu masih sangat asri dan sejuk. Airnya juga terlihat bening dan jernih.

Terdapat dua air terjun di lokasi ini. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Dibawahnya terdapat kolam renang yang airnya memiliki kedalaman dari 50 cm hingga 2 meter.

Sedangkan air terjun kedua terbilang unik. Apabila ditata sedikit lagi, air terjun itu bisa digunakan sebagai perosotan alami. Di bawahnya juga terdapat kolam renang kecil yang lumayan dangkal. (Budi Gea)
Back To Top