Terbaru

HIMNI: Pemekaran Propinsi Kepulaun Nias Jadi Prioritas

Ketua Umum HIMNI Marinus Gea didampingi
dua Putri Pariwisata |Foto: AJT
Gunungsitoli - Propinsi Kepulauan Nias menjadi salah satu prioritas pemekaran daerah otonomi baru di Indonesia. Hal tersebut di sampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (DPP HIMNI), Marinus Gea saat menyampaikan sambutannya di acara Launcing Maskot Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias, bertempat di Taman Ya'ahowu, Sabtu (2/9/2017)

"Secara politik di DPR RI, Kepulauan Nias menjadi prioritas. Ada 3 dari 5 yang memjadi prioritas pemekaran jadi propinsi di sumatera utara,"ucapnya.

Pria yang merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini juga menjelaskan ada 3 kriteria agar sebuah daerah menjadi prioritas untuk dimekarkan. Kepulauan Nias telah memenuhi kriteria dimaksud.

"Saya kira kita harus mempersiapkan pembenahan undang-undang tahun 2014 agar proses pengajuan propinsi ini menuju prioritas sumatera utara berjalan dengan mudah dan rapi,"ujarnya.

Pada kesempatan itu, marinus mengajak para Kepala Daerah untuk menyelesaikan secara bersama jika adanya pertentangan dan perbedaan pendapat. Agar tidak dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk memperkeruh suasana. 

"Kami titipkan kepada pemerintahan sekepulauan nias, dalam program - program pemerintahan, poin-poin, tujuan dan fokus pembagunan pariwisata dan juga tujuan mewujudkan propinsi kepulauan nias. Kita berikan ruang dalam program kita. Sehingga ini tidak berjalan sendiri - sendiri,"ucapnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara