Terbaru

Oknum Cakades Tertangkap Kamera Sedang Melihat 'Catatan Kecil' Saat Ujian

Oknum Cakades saat tertangkap Kamera
Lihat 'catatan kecil' |Foto: Haogo Zega
Nias Utara,- Seorang Calon Kepala Desa (Cakades) tertangkap kamera wartawan sedang melihat 'catatan kecil' yang dituliskan di tangan sebelah kirinya saat ujian tertulis bakal calon kepala desa di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nias Utara, Kamis (19/10/2017).

Salah satu pengawas ujian Tolanaso Gea yang sedang mengawas disalah satu ruang ujian seleksi tertulis bakal calon Kepala Desa itu tiba-tiba menyuruh salah seorang Panitia Pelaksanaan Ujian untuk menyediakan air dan handuk.

Kejadian ini diawali selang 15 menit setelah ujian berlangsung. Salah seorang peserta ujian Bakal Calon Kepala Desa berinisial NZ tiba-tiba menundukkan kepala dan melihat-lihat sesuatu yang ada ditelapak tangannya. Tiba-tiba Pengawas Ujian mendekati meja peserta ujian tersebut dan secara tiba-tiba meminta panitia menyediakan air dan handuk.

Setelah air telah disediakan Pengawas Ujian yang sehari-harinya sebagai kepala Inspektorat Kabupaten Nias Utara ini meminta seluruh peserta ujian untuk mencuci tangan secara bergantian.
"Semua peserta ujian silahkan mencuci tangan dulu, kita mulai dari kursi paling belakang," Ucap Tolanaso sambil merelakan saputangannya kepada peserta ujian karena keterbatasan Panitia tidak bisa menyediakan handuk.

Ketika dikonfirmasi usai ujian terkait permintaan yang tidak biasa ketika pelaksanaan ujian menyediakan air untuk mencuci tangan bagi peserta, Tolanaso menyampaikan bahwa hal tersebut mengantisipasi agar kertas ujian tidak kotor karena menurut pantauan beliau ada kertas ujian peserta yang terkena "ilo nafo" (noda merah akibat Sirih -red).

"Yang saya lihat tadi dikertas jawaban peserta ujian ada sebagian yang ternoda tinta sirih (ilo nafo), makanya saya suruh mereka semua mencuci tangan tujuannya jaga-jaga supaya kertas ujian itu tidak kotor.  Kalau hal-hal yang lain tidak ada, jadi ujian berjalan dengan baik," Jelas Tolanaso.

Bedasarkan data yang didapatkan oleh wartanias.com, peserta ujian yang mengikuti tertulis Bakal Calon Kepala Desa di Nias Utara di ikuti oleh 31 Peserta yang berasal dari 5 Desa.

Sementara NZ yang berusaha dikonfirmasi tidak bersedia memberikan keterangan atas aksinya yang tertangkap kamera melihat catatan kecil di telapak tangannya.

Untuk diketahui, seleksi bakal calon keplaa desa ini digelar oleh Dinas PMD karena bakal calon di sejumlah desa di Nias Utara lebih dari 5 orang.  (Haogo Zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara