Terbaru

Pemkab Nias Serahkan Beberapa Aset Kepada Pemko Gusit

Penyerahan sebagian aset oleh bupati nias
|Foto: MM
Gunungsitoli - Pemerintah Kabupaten Nias menyerahkan beberapa aset kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli pada Penyerahan personil, Pengalihan aset, Pembiayaan dan Dokumen (P3D) tahap ke-IV, bertempat di ruang rapat lantai III, Kantor Bupati Nias, Gunungsitoli Selatan, Senin (2/10/2017).

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli mengatakan bahwa P3D adalah suatu kewajiban moral sekaligus tindakan hukum yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias sebagai daerah induk kepada daerah otonom baru.

"Kami sangat mengharapkan kiranya daerah otonom baru dapat memahami daerah kabupaten Nias, terkait penyerahan aset dan dokumen dilaksanakan secara bertahap mengingat pemindahan ibu kota Kabupaten Nias serta pembenahan sarana prasarana pendukung sedang berproses," ungkap Bupati.

Pada saat itu, Bupati Nias juga menginformasikan bahwa P3D untuk Pemkab Nias Barat dan Nias Utara telah dilaksanakan secara keseluruhan pada tahap II tahun 2013 yang lalu. Sedangkan untuk Pemko Gunungsitoli akan dilakukan secara bertahap sampai sarana dan prasarana pendukung di Ibu Kota Kabupaten Nias terpenuhi secara menyeluruh.

"Untuk diketahui bahwa beberapa aset yang diserahkan, sebelumnya telah berada dalam pengelolaan pemko gunungsitoli melalui perjanjian pinjam pakai. Sehingga pada saat ini dilaksanakan penyerahan sepenuhnya,"jelasnya.

Ketua Tim P3D, Desmon Zebua saat menyampaikan laporan membacakan beberapa aset yang diserahkan kepada Pemko Gunungsitoli, diantaranya :

Tanah bangunan beralamat di jalan Ahmad Yadi dhi. Rumah Dinas Perdangangan.

Tanah dan Bangunan gedung kantor permanen beralamat di jalan Sudirmam nomor 21 Gunungsitoli.

Tanah bangunan beralamat di jalan Cengkeh nomor 36, Kelurahan Pasar Gunungsitoli, dhi.PKPRI Kabupaten Nias

Tanah bangunan beralamat di jalan Pancasila, Desa Mudik Gunungsitoli, dhi.ex kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias.

Tanah bangunan kantor pemerintah  beralamat di jalan WR. Supratman No 9, Gunungsitoli dhi.ex kantor Dinas Pertanian Kabupaten Nias.

Tanah bangunan kantor pemerintah  beralamat di jalan karet nomor 3 Gunungsitoli dhi.tanah pertapakan Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Kabupaten Nias.

Tanah pemerintah Kabupaten Nias beralamat di Kelurahan Pasar Gunungsitoli (tanah dibelakang toko melody)

Sepedo motor, 2 unit yang digunakan oleh anggota DPRD Kota Gunungsitoli dan masih aktif hingga saat ini.

Penyerahan aset tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli dan Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara