Terbaru

Warga Nias Utara Mendukung Penuh Pembangunan Rumah Sakit Pratama

Master Plan Rumah sakit Pratama Nias Utara
Nias Utara,- Dimulainya pembangunan rumah sakit daerah Pratama (tipe D) di Kabupaten Nias Utara yang berlokasi di Desa Lòlòfaoso Kecamatan Lotu mendapat apresiasi positif bukan hanya dari masyarakat Kecamatan Lotu, tetapi juga dari masyarakat daerah sekitarnya.

Hal ini membuktikan komitmen dari pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan khususnya sarana dan prasarana kesehatan.

Rumah sakit tipe D ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan teristimewa masyarakat Kabupaten Nias Utara.

"Kami warga di Kecamatan Lotu ini sangat mengapresiasi inisiatif Pemerintah Daerah Nias Utara yang membangun Rumah Sakit di wilayah Nias Utara ini. Sebelumnya kami kalau sakit pasti ke RSUD Gunungsitoli dengan menempuh jarak yang terlalu jauh,"kata Saro Nazaran, salah satu warga Kecamatan Lotu.

Hal senada juga disampaikan warga yang berada di Desa Lolomboli Nias Utara. Menurut mereka, dengan adanya pembangunan rumah sakit Pratama di Nias Utara tersebut, warga tidak akan kesulitan lagi memperoleh kesehatan gratis dari pemerintah.

"Kami sangat senang karena pembangunan rumah sakit di wilayah kami ini mulai dikerjakan. Kedepan, kami tidak akan susah-susah lagi apabila ingin berobat karena tempatnya dekat di wilayah kami,"ucap ama Putra Z.

Kadis Kesehatan Nias Utara Ya'adi Telaumbanua menjelaskan bahwa rumah sakit daerah merupakan salah satu program Nawa Cita pemerintah pusat di bidang kesehatan.

"Sesuai dengan sembilan Nawa Cita yang merupakan agenda prioritas, pembangunan rumah sakit Pratama masuk dalam prioritas Nawa Cita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia seutuhnya,"ujar Ya'adi.

Disamping itu, salah satu dasar pembangunan rumah sakit daerah tipe D di Nias Utara adalah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan dengan telah beroperasi BPJS mulai tahun 2014 sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2011, dibutuhkan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih memprioritaskan masyarakat tidak mampu.

Dijelaskannya bahwa secara bertahap pemerintah pusat berupaya untuk membangun rumah sakit daerah di setiap kota/kabupaten yang ada di Indonesia, termasuk Nias Utara sehingga patut disyukuri karena Kabupaten Nias Utara telah dialokasikan dana untuk pembangunan rumah sakit Pratama tersebut.

Rumah sakit daerah Pratama ini kata Ya'adi akan melayani pasien kelas III, dengan skala prioritas adalah masyarakat Nias Utara. Apabila rumah sakit ini telah selesai di bangun maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Nias Utara khususnya masyarakat kurang mampu yang tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke rumah sakit daerah di Kota Gunungsitoli.

Hingga saat ini, pembangunan Rumah sakit Pratama Nias Utara tersebut sedang diburu oleh pihak Rekanan. Dari Informasi yang diperoleh, anggaran yang digunakan untuk pembangunan Rumah Sakit ini senilai RP. 24,6 Miliar.

Diperkirakan, Rumah sakit Pratama ini akan beroperasi pada tahun 2018 mendatang. (Haogo zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara