Terbaru

KPU Gusit Luluskan Nama PPS Yang Pernah Ikut Timses Paslon Pilkada

Komisioner Hamdan Tel saat wawancara
PPS di Kota Gunungsitoli |Foto: FB KPU Gusit
Gunungsitoli,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli diduga sengaja meluluskan sejumlah nama-nama Panitia Pemilihan Suara (PPS) yang dulunya pernah menjadi tim sukses pasangan Calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Gunungsitoli tahun 2015.

Berdasarkan penelusuran wartanias.com, sejumlah nama-nama PPS yang diluluskan oleh KPU Kota Gunungsitoli tersebut berasal dari sejumlah Desa di wilayah Kota Gunungsitoli.

Di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Kecamatan Gunungsitoli Selatan terdapat nama-nama PPS yang pernah ikut menjadi tim sukses atau Tim Kampanye Pilkada Kota Gunungsitoli Tahun 2015.

Sokhiatulo dan Hamdan |Foto: FB KPU Gusit
Dikonfirmasi di Kantor KPU Kota Gunungsitoli, Senin (06/11/2017) Komisioner KPU Hamdan Telaumbanua mengaku bahwa seluruh daftar nama-nama Tim Sukses (Kampanye) yang pernah dimiliki oleh KPU telah dilelangkan.

"Daftar tim Kampanye ini memang ada sama kami (KPU_red). Namun sudah di lelang. Makanya gak bisa dilihat satu persatu," ujar Hamdan sembari membaca daftar nama Tim Kampanye yang diperoleh wartanias.com.

Sementara Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sòkhiatulo Harefa mengaku bahwa proses seleksi administrasi bagi calon PPS hanya dilakukan mengecek administrasi secara Faktual dengan tidak kelapangan.

"Karena KPU Gunungsitoli hanya menerima dokumen dan melihat secara administrasi serta Faktual sedangkan di lapangan kita tidak masuk kesana," ujar Sokhiatulo.

Sokhiatulo mengatakan semestinya masyarakat menyampaikan tanggapan dan saran terkait rekam jejak calon PPS kepada KPU Pasca pengumuman seleksi berkas sebelumnya.


"Tapi tidak tertutup kemungkinan apabila ada anggota PPS dan PPK yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana mestinya dengan didukung bukti yang akurat akan kita evaluasi," tegasnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara