Terbaru

Penyulutan Tugu Api 'Fondrakò' Menandakan Pesta Ya'ahowu Resmi Dibuka

Penyulutan tugu api Fondrakò |Foto: David
Gunungsitoli,- Penyulutan tugu api Fondrakò di Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli menandakan bahwa Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias Tahun 2017 resmi dibuka, Kamis (23/11/2017).

Tugu api Fondrakò dinyalakan secara resmi oleh Sekretaris  Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Laksamana Muda TNI (purn) Agus Purwoto didampingi oleh seluruh Kepala Daerah se-Kepulauan Nias dan Ketua Panitia Pesta Ya'ahowu tahun 2017 tadi malam.

Fondrakò dalam bahasa Nias adalah hukum adat nias yang mengatur segala segi kehidupan mulai dari kehidupan sampai kematian dalam suku Nias.

Sekretaris Kemenko Kemaritiman Agus Purwoto mengatakan bahwa saat ini acara Pesta Ya'ahowu telah menjadi salah satu Event Nasional yang diadakan setiap tahun di Pulau Nias.

"Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini kita yakin bahwa para wisatawan semakin berminat untuk mengunjungi Pulau Nias," katanya.

Pantauan wartanias.com, usai penyulutan Tugu Api Fondrakò, atraksi tarian Bagowasa pun ditampilkan. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi seni dan budaya dari kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara.

Untuk diketahui, Pesta Akbar ini akan terus berlanjut hingga tanggal 26 November 2017 dengan sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan panitia.

Adapun lokasi tetap pelaksanaan Pesta Ya'ahowu ini adalah di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli dan Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara