Terbaru

Perputaran Uang Pada Pesta Ya'ahowu Tahun 2017 Mencapai 3 Miliar

Sekda Kota Gunungsitoli Agus Zega |Foto:
Budi Gea
Gunungsitoli,- Terdapat perputaran uang sekitar 3 miliar rupiah selama pelaksanaan Pesta Ya'ahowu Kepualaun Nias Tahun 2017 di Kota Gunungsitoli.

Hal itu diutarakan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Agustinus Zega saat berbincang-bincang dengan wartanias.com di salah satu Stang Pameran yang ada di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli, Minggu (26/11/2017) sore.

"Dari data yang kami miliki sementara secara umum terdapat perputaran atau transaksi uang selama Pesta Ya'ahowu ini sekitar 3 Miliar Rupiah," ujar Agus Zega.

Peningkatan perputaran uang tersebut menurut Agus terjadi pada transaksi penjualan berbagai jasa dan produk di Kota Gunungsitoli.

"Transaksi secara umum yang meningkat ada pada bidang perhotelan, rumah makan atau wisata kuliner dan barang-barang Souvenir," tuturnya.

Dengan momen pesta Ya'ahowu ini, Pemko Gunungsitoli berharap bahwa hasil Usaha Kecil Menengah masyarakat yang telah dipamerkan bisa menembus pasar di luar Pulau Nias kedepan.

Selain itu, Agus menjelaskan bahwa dalam survei yang dilakukan, pihaknya memperoleh informasi bahwa rata-rata omset penjualan para pedagang di wilayah Kota Gunungsitoli juga meningkat hingga 50 persen dari hari biasanya.


"Pedangan-pedagang yang ada di Gunungsitoli ini juga mengaku omset meraka rata-rata naik hingga 50 persen. Ini artinya ada manfaat dampak yang positif kepada masyarakat menengah ke bawah pada pelaksanaan Pesta Ya'ahowu tahun 2017 ini," tambahnya. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara