Terbaru

Timsel Zona V Sumut Gelar Sosialisasi Tahapan Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu di Nias

Sosialisasi Timsel Bawaslu Kabupaten Kota di Zona V Sumatera Utara |Foto: dok. WNC

Nias, - Jelang pembentukan Anggota Bawaslu di Zona V (Lima) Sumatera Utara Periode 2023-2028 tim seleksi (Timsel) menggelar sosialisasi pendaftaran calon anggota Bawaslu, Rabu (24/05/2023).

Sosialisasi digelar di Aula Kantor Camat Gidő, Kabupaten Nias dihadiri oleh Timsel Zona V yakni Miartiko Gea, Antoniasty Eka Sarumaha, Rholand Muary, Suhendra dan M Lubis.

Di hadapan peserta sosialisasi, Miartiko mengatakan, timsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu di Zona V Sumatera yakni Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara.

"Bagi masyarakat kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli dan kabupayen Kota lain di zona V yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Bawaslu dapat segera mempersiapkan dan mengajukan berkas pendaftaran," ujarnya.

"Pendaftaran dan penyerahan berkas akan dibuka pada mulai tanggal 29 Mei sampai 7 Juni 2023," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa sosialisasi yang digelar di Kabupaten Nias itu pada dasarnya menyampaikan timeline tahapan seleksi dan persyaratan calon anggota Bawaslu.

Sementara untuk teknis pelaksanaan seleksi, Miko mengungkapkan, timsel akan berpedoman pada petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

Pada sosialisasi itu, masing-masing Timsel juga memaparkan tahapan penelitian administrasi, tes tertulis, tes psikologi dan wawancara.

"Kita sama-sama berharap semoga Pelaksanaan seleksi tertulis sampai wawancara dilaksanakan di Pulau Nias ini. Namun kami tetap menunggu petunjuk resmi dari Bawaslu RI nanti," tuturnya. 

"Untuk jadwal tahapan seleksi dan persyaratan calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota secara lengkap dapat diakses masyarakat melalui website resmi Bawaslu di (www.bawaslu.go.id)," jelasnya.

Ketua Timsel Zona V itu mengatakan akan berupaya maksimal untuk menjaring putra-putri terbaik dan memberikan kesempatan kepada semua masyarakat yang memenuhi syarat menjadi  Calon Anggota Bawaslu tingkat Kabupaten Kota. 

"Kami berharap masyarakat yang memiliki potensi dan memenuhi persyaratan dapat mengambil bagian dari proses seleksi anggota Bawaslu kabupaten Kota ini untuk periode 2023-2028 ini," terangnya.

Adapun peserta Sosialisasi pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota di Zona V Sumatera ini dihadiri oleh Ormas, OKP, Perwakilan Gereja-Gereja di Pulau Nias, Organisasi Keagamaan, pemantau Pemilu, LSM dan Pers.

Adapun lokasi Sekretariat Tim Seleksi Anggota Bawaslu Zona V Sumatera Utara adalah di Museum Pusaka Nias, Jalan Yos Sudarso No. 134-A, Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=