Terbaru

Desa Sisarahili Sisambualahe Gunungsitoli Deklarasi Sebagai Desa ODF

Gunungsitoli,- Berdasarkan hasil verifikasi atas jamban sehat oleh UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli dan telah divalidasi oleh Dinas kesehatan Kota Gunungsitoli, maka Desa Sisarahili Sisambualahe gelar deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan. Acara deklarasi dibuka secara resmi oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Sisarahili Sisambualahe, Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (15/06/2023)

Wali Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa deklarasi ODF telah melewati banyak tahapan yang begitu panjang dan pencapaian status ODF bukanlah perkara yang mudah karena melibatkan perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan. Hingga saat ini ada 8 (delapan) desa yang telah mendeklarasikan ODF di Kota Gunungsitoli, sementara 2 (dua) desa lagi akan menyusul.

“Saya memberikan apresiasi kepada kepala desa dan masyarakat Desa Sisarahili Sisambualahe yang telah berkomitmen menyukseskan program sanitasi total berbasis masyarakat. Saya berharap pencapaian ini dapat dipertahankan melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta berkomitmen memelihara fasilitas jamban sehat yang telah dibangun oleh pemerintah. Saya juga berharap kegiatan ini menjadi ruang evaluasi seberapa jauh perkembangan dan keberhasilan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kota Gunungsitoli terutama sejauh mana kolaborasi dari berbagai perangkat daerah dalam mengerahkan sumber daya yang dimiliki sehingga kedepannya desa ODF di Kota Gunungsitoli dapat mencapai target yang maksimal,” ucap Lakhomizaro mengakhiri arahannya.

Agenda dirangkaikan dengan pembacaan ikrar Deklarasi ODF, penandatanganan pernyataan Stop Buang Air Besar Sembarangan dan diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli Agus Bertatinus Laia, SSTP., MAP, sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli, Forkopimcam Gunungsitoli, Kepala Desa dan BPD Sisarahili Sisambualahe, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda Desa Sisarahili Sisambualahe dan masyarakat Desa Sisarahili Sisambualahe

Iklan

Loading...
 border=