Terbaru

Wakil Bupati Nias Panen Perdana Padi Sawah Di Desa Lasara Idanoi Gido

Nias,- Wakil Bupati  Nias, Arosokhi Waruwu melakukan panen raya padi di kelompok tani Bersama, di Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido, Rabu (11/05/2016). 

Dalam panen perdana bersama kelompok tani tersebut, dihadiri Kasdim 0213 Nias, Asisten Sekda Kab. Nias,Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kab. Nias, Ketua Kelompok Tani, SKPD terkait serta warga Desa Lasara Idanoi. 

Wakil Bupati dalam arahannya mengatakan, dengan panen perdana padi, Pemkab Nias akan terus membantu kelompok petani  Bersama dalam meningkatkan produksi pertanian.  sehingga misi Kabupaten Nias menuju swasembada pangan bisa tercapai.

Lebih lanjut Wakil Bupati Nias mengatakan saat ini Kabupaten Nias akan dijadikan andalan Kepulauan Nias menjadi swasembada beras. Target produksi pun setiap tahun terus dinaikkan, hal tetsebut bukanlah pekerjaan ringan mengingat berbagai kerusakan infrastruktur masih ditemukan.

“Saat ini Kabupaten Nias ditargetkan dapat memproduksi lebih banyak gabah, ini menjadi bahan kerja keras kita semua ditengah banyaknya kerusakan infrastruktur, dan iklim yang kurang baik” kata Arosokhi.

Untuk bisa mencapai target ini, menurut Arosokhi, perlu dukungan bersama, tetutama dalam membangun jaringan irigasi, dan peralatan.

"Jaringan irigasi di Kabupaten Nias masih ada kekurangan dan perlu penngkajian lebih baik dan SKPD dan unit terkait dan kita harapkan Dinas terkait baik PPL dapat menyesuaikan pola tanam dengan melihat situasi atau Musim," tambahnya.

Menurut laporan dari Dinas pertanian, panen perdana padi sawah varietas kartika 182 di kelompok tani itu telah memperoleh gabah 5,9 ton setiap 1 hektar. (MM)

Iklan

Loading...
 border=