Terbaru

Pengurus Lembaga Budaya Nias Utara Dikukuhkan

Nias Utara,- Pengurus Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) masa bhakti 2016-2021 dikukuhkan oleh Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara di Aula Pendopo Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, Kamis (17/11/2016).

Dikutip dari Laman resmi Humas Kabupaten Nias Utara, Ketua Umum LBN-U terpilih Haogosochi Hulu yang juga sebagai wakil bupati menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada seluruh pengurus untuk memikirkan dan merencanakan beberapal hal yang terkait dengan pembangunan kebudayaan di Kabupaten Nias Utara. 

"Kami sebagai pengurus mengharapkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak baik dari Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan kepada seluruh masyarakat Nias Utara dalam hal mewujudkan visi-misi dari LBN-U selama lima tahun yang akan datang terlebih-lebih dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti ketersediaannya gedung yang akan dijadikan sebagai tempat pusat latihan,"kata Haogòsòchi.

Semenrara tokoh masyarakat Kepulauan Nias Firman Jaya Daeli dalam sambutannya menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan aspek yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara bahkan dalam unsur politik pun harus memiliki kebudayaan.

"Kami menyambut baik telah terbentuknya Lembaga Budaya Nias Utara ini. Saya mengharapkan agar dalam pembangunan kebudayaan di Kabupaten Nias Utara agar sejalan dengan Nawacita Jokowi-JK yakni Revolusi Mental,"kata Firman Jaya.

Bupati Nias Utara, M.Ingati Nazara dalam arahannya menjelaskan bahwa budaya merupakan sebuah bentuk kearifan lokal yang terus menerus harus dilestarikan dan menjadi cirikhas suatu bangsa atau daerah. Ia beraharap melalui Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) Kabupaten Nias Utara mampu mengatasi dampak negatif dari era globalisasi yakni  pengaruh budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan falsafah dan gaya hidup masyarakat. 

"Secara khusus budaya-budaya di wilayah Kabupaten Nias Utara begitu beraneka ragam dan terdapat perbedaan antara Kecamatan yang satu dengan Kecamatan yang lainnya, untuk itu saya berharap agar perbedaan-perbedaan tersebut tidak menjadi pemisah diantara masyarakat tetapi menjadikannya sebagai kekayaan budaya yang patut dibanggakan sebagai warisan leluhur yang bernilai sangat mulia,"kata Ingati Nazara.

Adapun susun pengurus Harian LBN-U terpilih antara lain Pelindung adalah Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara. Unsur Penasehat adalah Buala Zega, Otomosi Harefa, Fonaziduhu Hulu, Pdt. Metieli Harefa. Pengurus Harian adalah Daliwanolo Telambanua sebagai Sekretaris Umum, Herman Zebua sebagai Bendahara Umum. (Haogò Zega)

Iklan

Loading...
 border=