Terbaru

Tadi Malam, Gempa Bumi 4,8 SR Mengguncang Pulau Nias

Data Gempa Bumi dari BMKG  
Gunungsitoli,- Gempa Bumi yang berkekuatan 4,8 SR menggoncang Pulau Nias, Minggu (30/04/2017) pada pukul 23:37 WIB. Titik Gempa tektonik itu sebenarnya terjadi di Kabupaten Nias Selatan.

Berdasarkan analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 23:37:29 WIB dengan kekuatan M=4.8 SR. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0.78 LU-98.47 BT tepatnya pada 71 KM Timur Laut Kota Nias Selatan Sumatera Utara pada kedalaman 47 Km.

"Penjalaran getaran gempa bumi itu dirasakan oleh  warga Gunungsitoli hingga Teluk dalam Kabupaten Nias Selatan,"kata Kepala stasiun geofisika Gunungsitoli, Djati Cipto Kuncoro,  S. Si.

Menurut BMKG Gunungsitoli, Dari laporan masyarakat dampak gempa bumi adalah berupa guncangan yang dirasakan dengan intensitas II SIG BMKG (II-III MMI) di Teluk dalam dan intensitas I SIG BMKG (I MMI) di Kota Gunungsitoli.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa ini. Kerusakan akibat gempa itu juga dilaporkan nihil.

Dari data yang diperoleh dari BMKG, Gempa susulan kembali terjadi dengan kekuatan 3.3 SR pada 01-Mei-2017 tepat pukul 01:04:59 WIB. Lokasi Gempa berada di 0.80 LU,98.52 BT (82 km Timur Nias Selatan -Sumut) dengan Kedalman 10 Km.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,"jelasnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=