Terbaru

Pemerintah Kabupaten Nias Rayakan Hari Jadi Yang Ke-147

Kepala Daerah Nias bersama Menkuham
Yasonna Laoly|Foto: BG
Nias,- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias ke-147 (04 Desember 1870 – 04 Desember 2017) untuk pertama kali dalam sejarah diperingati oleh Pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Nias di kompleks Perkantoran Dinas Pertanian, Jalan Maduma Hiliweto Gido, Senin (04/12/2017).

Peeingatan hari jadi Kabupaten Nias itu Dihadiri Menkumham Yasona H.Laoly bersama tokoh masyarakat Kepulauan Nias Mayjend (Purn) Christian Zebua, Anggota DPR RI Marinus Gea, koordinator Forkada se-kepulauan Nias Lakhomizaro Zebua, Unsur Forkopimda, Ketua DPRD dan para Anggota, Para Mantan Bupati,Wakil Bupati dan Sekda serta sejumlah tokoh masyarakat Nias.

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM melalui sambutannya tentang catatan sejarah awal lahirnya Kabupaten Nias mengaakan bahwa tepat tanggal 04 Desember 1870, J.F.A de Rooij dikukuhkan sebagai Kontroler pertama di wilayah Kepulauan Nias dengan Luitenant Der Chinezen bernama So Ghie.

Setelah melalui beberapa kajian secara akademika dan analisa sejarah budaya serta sejarah pemerintahan di Nias, oleh Pemerintah Kabupaten Nias bersama Panitia khusus di DPRD serta pembinanan dan klarifikasi oleh Gubernur Sumatera Utara, menetapakan Hari Jadi Kabupaten Nias yaitu pada hari Minggu Tanggal 04 Desember 1870.

"Dan hal itu tertuang dalam Perda Kabupaten Nias No. 2 Tahun 2017, tentang Hari jadi Kabupaten Nias," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Forkada (Forum Kepala Daerah) se-Kepulauan Nias yang juga sebagai Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua melalui sambutannya merasa bangga akan usia Kabupaten Nias yang ke-147 yang lebih tua dari Pemerintah Republik Indonesia.

Menurut Lakhomizaro Zebua, dengan usia Kabupaten Nias yang cukup tua dan sangat dewasa, telah melahirkan 4 (empat) daerah Kabupaten dan Kota. Sehingga selaku pimpinan Forkada atas nama masyarakat dari ke-empat kabupaten/kota tersebut, secara bersama-sama secara keseluruhannya bahu-membahu membangun Kepulauan Nias menjadi sejajar dengan daerah lain di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

“Membangun Kabupaten Nias adalah cita-ciata seluruh masyarakatnya, dan kami seluruh Kepala Daerah se-Kepulauan Nias, siap mendukung terutama dalam sinergitas pembangunan infrastruktur jalan, perikanan dan kepariwisataan, dimana Kabupaten Nias berbatasan langsung dengan seluruh wilayah kabupaten kota se-Kepulauan Nias,”ujar Lakhomizaro.

Lakhomizaro juga yakin bahwa Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Nias bersama seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi menghadapi berbagai event nasioanal di masa mendatang terlebih dalam pengembangan Kecamatan Gido sebagai kawasan Ibu Kota Kabupaten Nias yang diharapkan lebih maju tentunya dari pada ibu kota kabupaten kota lainnya di Kepulauan Nias.



"Atas nama Kepala daerah se-Kepulauan Nias, Saya siap mendukung dan mendorong percepatan terbenahinya ibu kota Kabupaten Nias di Gido karena usia Peraturan Pemerintah tentang penetapan Gido sebagai ibu kota masih tergolong muda, sehingga oleh seluruh anggota Forkada wajib memberi dukungan," tegasnya. (MM)

Iklan

Loading...
 border=