Terbaru

Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Gelar Musrenbang

Musrenbang Kec Hiliduho |Foto: MM
Nias,- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Sumatera Utara Tahun 2018, dibuka secara resmi oleh Bupati Nias yang diwakili Kepala Bappeda Edwin Fanolo Hulu, ST., MT di Ruang Pertemuan Kecamatan, Selasa (14/02).

Kasi PMD Kecamatan Hiliduho, Yareli Laoli dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Hiliduho, merupakan forum musyawarah bagi para pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan terkait perencanaan pembangunan pada TA 2019 yang dijadikan sebagai skala prioritas.

Selanjutnya, anggota DPRD Kabupaten Nias asal kecamatan Hiliduho, Notarius Mendrofa dalam sambutannya mengharapkan agar Musrenbang yang dilakasanakan tidak hanya sebatas perencanaan, namun diharapkan agar benar-benar direalisasikan oleh pemerintah sebagaimana harapan seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Hiliduho.

Notarius lebih lanjut, terkait beberapa usulan pada tahun sebelumnya yang telah masuk ke dalam kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang lahir dari musyawarah perencanaan pembangunan dan disususn berdasarkan Rencana Kerja Prioritas Daerah (RKPD), namun pada kenyataannya mengalami kegagalan.

Politisi PKPI ini mencontohkan beberapa nomenklatur pembangunan TA 2018, yang diharapkan dapat terlaksana, seperti jembatan dan pagar sekolah, termasuk pemasangan KWH meter pada Kantor UPT Disdik Kecamatan Hiliduho, yang menurutnya hingga saat ini juga masih belum terlaksana.

Edwin Fanolo Hulu mewakili Bupati Nias, pada arahannya saat membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Hiliduho mengatakan bahwa Musrenbang ini merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah ditingkat kecamatan yang sebelumnya telah dilaksanakan di masing-masing desa.

Ia menambahkan, melalui forum Musrenbang diharapkan akan tercipta kesamaan pandangan dari seluruh pelaku pembangunan dalam memadukan strategy program dan kegiatan prioritas antara pemerintah tingkat kecamatan dengan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias khususnya di Kecamatan Hiliduho pada tahun 2019 mendatang.

Menurut Edwin Fanolo Hulu, menghadapi Tahun Pembangunan 2019 yang akan datang, ada beberapa isu dan masalah mendesak yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Nias, baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan penanggulangan kemiskinan serta pemerintahan dan aparatur.

Dari beberapa isu tersebut, menurut dia secara umum kendala klasik yang sering dijumpai dalam penetapan prioritas program pembangunan yaitu, tajamnya perbedaan antara anggaran yang tersedia dengan cakupan ruang lingkup kebutuhan pembanguanan.

“Dengan terbitnya Undang-Undang dan Permen di atas, maka kendala yang selama ini sering terjadi terkait pendanaan pembangunan, sedikit telah dapat terjawab dan tertangani dengan menyebarkan kewenangan lokasi berskala desa melalui APBdesa," imbuh Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda pun berharap agar Musrenbang tersebut menghasilkan daftar prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Hiliduho yang akan didanai dari APBD Kabupaten Nias maupun sumber pendanaan lainnya, serta daftar prioritas pembangunan yang dibiayai dari APBdesa. (MM)

Iklan

Loading...
 border=