Terbaru

Dua Tahun Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Gunungsitoli

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli
Lakhomizaro dan Sowa'a |Foto: istimewa
Gunungsitoli,- Dua tahun duet kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua dan Sowa'a Laoli yang akrab disapa "LASO", dinilai mampu membawa warna dan perubahan di Kota Gunungsitoli.

Saat berbincang-bincang dengan wartanias.com, Jum'at (09/03/2018) Wali Kota Lakhomizaro Zebua mengurai satu persatu capaian yang dilaksanakannya bersama Wakilnya Sowa'a Laoli setelah menjabat memimpin Kota Gunungsitoli sejak tahun 2015 lalu.

Capaian Indikator Makro Pembangunan Daerah telah dilaksanakan yakni Pertumbuhan Ekonomi sebesar 6,03% pada Tahun 2016 meningkat dibandingkan capaian Tahun 2015 yang berada 5,79%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 66,85, lebih baik dari capaianTahun 2015 yang berada pada angka 66,41. Penurunan Angka Kemiskinan sebesar 1,77%, yakni dari 23,43% pada Tahun 2016 menurun menjadi 21,66% pada Tahun 2017. Laju Inflasi Kota Gunungsitoli pada Tahun 2017 sebesar 3,91% mengalami penurunan dibandingkan Kondisi pada Tahun 2016 sebesar 7,39%.

Capaian di Bidang Pelayanan Dasar Yakni Pendidikan. Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah melaksanakan Penuntasan Pembangunan Gedung SMP Negeri I Gunungsitoli, Penyediaan Sarana Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk 1 (satu) SMP disetiap Kecamatan, dengan Total 140 Unit Komputer. Memberikan Beasiswa Berprestasi untuk 343 Siswa, memberikan Bantuan Pendidikan Mahasiswa Berprestasi untuk 50 Orang khusus warga Kota Gunungsitoli, Pengangkatan Guru Kontrak Daerah Sebanyak 378 Orang terdiri dari 247 Orang untuk SD dan 131 Orang untuk SMP, Pengadaan Koleksi Perpustakaan di 39 (tiga puluh sembilan) SD, Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Laboratorium sebanyak 14 (empat belas) Ruangan, Rehabilitasi Ruang Kelas sebanyak 21 (dua puluh satu) Ruangan di SD dan SMP, Pembangunan Unit Sekolah Baru SMP Negeri 8 Gunungsitoli sebanyak 1 (satu) Unit, memberikan Bantuan Pendidikan Kepada Guru yang mengikuti Jenjang Pendidikan S-I Sebanyak 66 Orang.

Pada bidang kesehatan, Pasangan LASO juga telah berhasil mengakreditasi Puskesmas sebanyak 2 (dua) Puskesmas, tersedianya Puskesmas Rawat Inap sebanyak 4 (empat) Puskesmas di Kota Gunungsitoli, Tersedianya Mobil Ambulans sebanyak 2 (dua) Unit, Pembangunan Baru UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Rehabilitasi Puskesmas dan Pustu sebanyak 3 (tiga) Unit, memberikan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) untuk 11.500 Jiwa, Angka Kematian Ibu 4,97 Per 10.000 Kelahiran Hidup lebih baik dari Target Indikator Kinerja Daerah Tahun 
2017 sebesar 28,5 per 10.000 KH serta Penyediaan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) Bagi Ibu Hamil dimasing-masing Kecamatan.


Di bidang Sosial Wali Kota dan Wakilnya berhasil melakukan Penurunan Angka Kemiskinan sebesar 1,77%, yakni dari 23,43% pada Tahun 2016 menurun menjadi 21,66% pada Tahun 2017, Penyaluran Beras Sejahtera Daerah (RASTRADA) kepada 1.516 KK, Pembangunan Rumah Layak Huni, Pemberian Bantuan Dana Hibah Kepada Organisasi Keagamaan dan Kelompok Masyarakat sebesar 6.361.000.000.

Capaian pembangunan pada bidang ekonomi, Wali Kota dan Wakilnya juga berhasil mencapai PDRB Per Kapita Kota Gunungsitoli sebesar Rp. 29,33 Juta pada Tahun 2016 mengalami peningkatan dari 
Tahun 2015 sebesar Rp. 26,43 Juta, Lima Lapangan Usaha yang Mengalami Pertumbuhan Signifikan pada Tahun 2016 yakni Sektor Pengadaan Listrik dan Gas bertumbuh sebesar 7,47% Konstruksi sebesar 6,83%, Perdagangan sebesar 6,68%, Transportasi dan Pergudangan sebesar 6,63%, Penyediaan Akomodasi dan Makanan Minuman sebesar 5,64%. Juga berhasil menjadi Juara Nasional Gerakan Menanam Cabe, Pembangunan Pusat Penjualan Suvenir, Pemberian Bantuan Pupuk Gratis, Pelaksanaan PestaYa’ahowu se-Kepulauan Nias, Pembangunan Pasar Baru di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Kecamatan Gunungsitoli Utara.


Dalam bidang Infrastruktur, Pemko Gunungsitoli berhasil melakukan PenataanTamanYahowu Kota Gunungsitoli, Melaksanakan PembangunanTahap I Tugu Peringatan Gempa, Pemeliharaan Jalan Dalam Kota dengan Panjang 5 Km, Pembangunan Jembatan di DaerahTerisolir, Pembangunan Jaringan Irigasi, PemasanganTrafic Light, Pengoperasian Balai KIUR, Penataan Kawasan Kampung Nelayan, Pengembangan Fungsi Terminal Faekhu dan Terminal Gamo, Pembangunan Gedung Kantor antara lain Kantor Dinas 
Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas PERKIM, Dinas Pendidikan, Kantor Camat Gunungsitoli Selatan, Pembangunan Paviliun Kota Gunungsitoli di Lokasi PRSU Medan dan PengadaanTanah untuk Kawasan Perkantoran.


Pada Tata kelola pemerintahan juga berhasil melakukan Penerbitan Perizinan 1.425 Dokumen Izin, Penerapan E-Planning, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur melalui Tugas Belajar ke Jenjang S-2 dan S-3, Penyelesaian Temuan BPK atas Laporan Keuangan Daerah sebesar 76,96%, Pelayanan Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah Secara Online serta LayananWifi Gratis di Taman Yahowu.


"Kami mengharapkan dukungan penuh dari seluruh warga Kota Gunungsitoli untuk terus melaksanakan sejumlah visi misi kami berdua Wakil Wali Kota dalam mewujudkan Kota Gunungsitoli Yang Maju, Nyaman dan Berdaya Saing," Tutur Lakhomizaro Zebua mengakhiri. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara