Terbaru

Jemput Aspirasi Rakyat, Hadirat Gea Gelar Reses di Wilayah Bakaru

Hadirat Gea saat reses |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gunungsitoli Hadirat ST Gea menggelar Reses di Wilayah Bakaru yang dihuni oleh warga Desa Siwalubanua I, Desa Tetehosi I, Desa Tetehosi II dan Hiliweto Idanoi, Jumat (02/03/2018) pagi.

Reses di daerah pemilihan (Dapil) II masa sidang I tersebut digelar untuk menjemput aspirasi masyarakat di wilayah tersebut.
"Saya sudah dua kali melakukan Reses di bakaru ini. Wilayah Bakaru ini memang perlu diperhatikan karena di daerah ini terdiri dari empat desa serta wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Nias," ujar Hadirat.

Pantauan wartanias.com pada ruang diskusi, perwakilan masyarakat menyampaikan sejumlah usulan pembangunan di wilayah itu. Sebagian besar yang memberi usul pembangunan adalah warga desa Siwalubanua I.

Sejumlah usul yang disampaikan warga di bidang infrastruktur adalah pembanguan jalan menuju pantai bakaru, pembangunan jalan menuju Binaka, pembangunan jalan di dusun I Siwalubanua I serta pembangunan jalan usaha tani.

Pada bidang kesehatan warga mengusulkan agar membangun jembatan menuju Pustu serta meminta agar dokter di tempatkan di pustu.

Dalam bidang pertanian warga meminta agar pemerintah menyediakan bibit tanaman holtikultura, benih padi dan pupuk gratis.

Di bidang pendidikan masyarakat juga meminta kepada pemerintah agar membangun gedung SMP Negeri di wilayah itu. Selain itu warga juga mengusulkan agar ruang kelas SDN Bakaru ditambah serta pagar di sekolah itu dibangun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Hadirat Gea saat menjawab sejumlah usulan pembangunan dari warga mengatakan akan menampung segala aspirasi yang disampaikan tersebut. Pihaknya juga menjelaskan bahwa tidak seluruh usulan pembangunan dari warga tersebut akan direalisasikan pada tahun 2018 ini mengingat ketersediaan APBD yang terbatas.

"Pemeliharaan jalan di dusun I Desa Siwalubanua I tahun ini akan direalisasikan. Kemudian saya juga meminta agar dinas kesehatan menempatkan dokter di Pustu paling tidak dua kali seminggu. Pembangunan jalan menuju pantai Gido Sebua juga diprioritaskan. Penyediaan tanaman holtikultura jagung akan di realisasikan tahun ini," ujar Hadirat di depan warga.

Selain itu, Hadirat juga memberikan sejumlah solusi kepada para nelayan agar segera mengurus Kartu Nelayan. Selain itu ia juga meminta warga agar mengurus BPJS apabila terkendala dengan biaya pengobatan di Rumah Sakit.

"Untuk bidang pendidikan kita upayakan menambah ruang kelas sebanyak dua ruangan di SDN Bakaru ini juga kita bangun pagarnya," tambahnya.


Turut hadir pada Reses itu, Sekretaris Bappeda Kota Gunungsitoli Karya Batee, Mewakili Dinas PU, mewakili Dinas Kesehatan, Mewakili BPBD, mewakili Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil, Mewakili Dinas Pertanian, Mewakili Dinas Pendidikan, mewakili Dinas Sosial, Sekwan Kota Gunungsitoli, Kepala Desa Siwalubanua I Walterius Zebua berserta seluruh perangkat desa, Kepala Desa Hiliweto Idanoi dan Perangkat Desa serta ratusan warga Desa Siwalubanua I, Hiliweto, Tetehosi I dan Tetehosi II. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara