Terbaru

Sejumlah Pedagang di Pajus Curhat Ke Sihar Sitorus

Sihar di pajak USU Medan |Foto: istimewa

MEDAN - Sejumlah pedagang di Pajak USU Jalan Jamin Ginting Medan menyampaikan keluhan kepada Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus, Senin (26/2/2018).

Tingginya biaya pajak dan proses administrasi menjadi keluhan yang mendominasi dari obrolan pedagang kepada Sihar. Seperti yang diutarakan salah seorang pedagang, Evi Sitompul.

Diakuinya, kesulitan yang dialami pedagang mulai dari pengiriman barang, proses administrasi dan tingginya bea cukai barang masuk. "Itu semua kesulitan yang kami alami sebagai pedagang," ungkapnya.

Dijelaskannya, pemesanan barang dari China tak bisa langsung diserahkan kepada pemesan. Butuh waktu proses administrasi hingga berhari-hari, juga penyesuaian bea barang masuk. 

"Kalau untuk pemesanan atau pembelian barang ini, tidak sedikit biaya yang harus kami keluarkan. Membeli barang saja, sudah tidak sedikit apalagi biaya-biaya lainnya untuk pengiriman barang," jelasnya.

Tingginya pajak tersebut, membuat pedagang tak punya pilihan kecuali menaikan harga jual barang. 

Hal ini kembali menjadi permasalahan bagi pedagang saat proses penjualan. Dimana, pembeli merasa heran dengan kenaikan barang. "Karena pembeli merasa baru membeli, selang beberapa hari harga sudah beda. Sedangkan kami tidak ada pilihan lain, selain menaikkan harga barang," akunya.

"Kepada Bapak lah kami berharap bisa dengarkan keluhan kami ini dan harapan kami bantulah kami atasi keluhan kami ini pak," harap Evi.

Kepada pedagang, Sihar mengatakan bahwa keluhan yang diterimanya ini menjadi rangkuman baginya dan Cagub Sumut, Djarot Saiful Hidayat. "Keluhan ini saya tampung dan lihat bagaimana mengatasinya. Karena keluhan pedagang harus bisa diminimalisir," sebut Sihar. (red/rls)

Iklan

Loading...
 border=