Terbaru

Tiga Kecamatan di Nias Utara Akan Dibangun Irigasi Senilai Rp. 4,5 Miliar

Kadis Perukim Nias Utara Bazisokhi Hulu
|Foto: Haogô Zega
Nias Utara,- Tiga Kecamatan di Kabupaten Nias Utara menjadi prioritas pembangunan irigasi ditahun 2018 ini yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Nias Utara, Bazisokhi Hulu saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (08/03/2018).

"Khusus pada Bidang Pengairan, ada banyak irigasi yang telah kita usulkan ke Kementrian PUPR diawal tahun 2017 kemarin, Namun berdasarkan pertimbangan dan sesuai hasil evaluasi dari pihak Kementrian maka hanya tiga lokasi di Nias Utara yang menjadi prioritas pembangunan irigasi di tahun ini yaitu dikecamatan Sawö daerah irigasi Torowa, di Kecamatan Lotu daerah irigasi Humanga, dan di Kecamatan Tuhemberua daerah irigasi Sogawu,"tuturnya.

Ditiga lokasi pembangunan irigasi tersebut, menurut Bazisokhi hulu dibangun karena lokasi itu merupakan lumbung sawah di Kabupaten Nias Utara yang aktif dan berproduktif di banding irigasi-irigasi lainnya.

"Pembangunan irigasi ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran keseluruhan sebesar Rp.4.554.300.000 dan pembangunan irigasi ini juga sistim tuntas artinya kalau kita menangani satu daerah irigasi tahun ini, kita berharap tahun mendatang tidak berulang lagi karena kita dibatasi oleh anggaran," jelasnya. 


Ditambahkannya, pihaknya akan terus berupaya mengusulkan pembangunan irigasi lain kepada Kementrian PUPR di tahun mendatang untuk meningkatkan hasil produktivitas para petani sawah. (Haogô zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara