Terbaru

Camat SitoluOri Mengaku Data Warga Pemilik RTLH Telah Di kirim ke Perkim

Camat SitoluOri |Foto: Haogô Zega

Nias Utara,- Seluruh data masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni dan berpenghasilan rendah di enam desa sekecamatan SitoluOri telah diserahkan ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Nias Utara. Hal itu disampaikan oleh Camat SitoluOri saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (24/4/2018).

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perkim Kabupaten Nias Utara, Bazisokhi Hulu menyatakan bahwa kalau ada warga atau pun satu desa itu belum terdata pada program Bantuan RTLH untuk segera ditanya kepada Camat. Sementara di Kecamatan SitoluOri dari penelusuran wartanias.com hanya dua desa yang lulus verifikasi yaitu desa Hilimbosi 25 Unit dan Desa Hilisalo'o 20 Unit.

Camat SitoluOri, Yuliaro Zai mengaku telah menyerahkan ke Dinas Perkim nama-nama masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni serta berpenghasilan rendah di enam desa di SitoluOri tersebut.

"Daftar nama-nama masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni dan berpenghasilan rendah telah didata di masing-masing desa dan telah kami serahkan ke Dinas Perkim ditahun 2017 yang lalu, Jika hanya dua desa yang lulus verifikasi untuk penerima bantuan RTLH di SitoluOri itu tanpa sepengetahuan kami dan bukan kami yang menentukan desa mana yang layak atau tidaknya menerima bantuan RTLH tersebut," tutur Yuliaro. Senin (23/4/2018).

Saat Dinas Perkim Kabupaten Nias Utara melaksanakan survei di dua Desa itu di Kecamatan SitoluOri, Yuliaro Zai mengatakan belum menerima pemberitahuan kalau tim survei dari Perkim itu mendatangi wilayahnya.

Untuk diketahui, dua desa di Kecamatan SitoluOri yang dinyatakan lulus verifikasi sebagai penerima bantuan RTLH merupakan Desa mantan Pejabat di tahun 2017 lalu dan juga Desa oknum Pegawai Dinas Perkim.

Diduga penerima bantuan RTLH ini telah 'diatur' sedemikian rupa sehingga terkesan tebang pilih.

Wartanias.com terus menggali informasi tentang seleksi yang pernah di selenggarakan Dinas Perkim sehingga ada desa yang lulus atau tidak lulus Verifikasi.(Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara