Terbaru

Wakil Bupati Nias Utara Enggan Menanggapi Masalah RTLH

Wabub Nias Utara Haogosochi Hulu |Foto:
Istimewa
Nias Utara,- Wakil Bupati Nias Utara, Haogosochi Hulu tak bisa memberi tanggapan terkait Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) khususnya yang dialokasikan di Kecamatan SitoluOri sebanyak 45 unit yang hanya bertumpuk di dua desa saja. Rabu (03/05/2018). 

Bantuan RTLH dari Dinas Perkim tengah menjadi bahan pembicaraan di tengah-tengah masyarakat di Nias Utara akhir-akhir ini, hingga berujung pada keresahan. 

Namun saat dimintai tanggapan dari Wakil Bupati Nias Utara yang tak lain dari Saudara kandung Kadis Perkim, Haogosochi Hulu terkait dengan bantuan RTLH tersebut di SitoluOri yang menuai kecemburuan sosial ditengah-tengah masyarakat karena hanya dua desa yang lulus verifikasi dan diduga kedua desa tersebut desa oknum Pejabat di Nias Utara, ia pun tak banyak memberikan Komentar.

"Saya juga belum mendalami tentang RTLH ini, Saya tak bisa memberi tanggapan disitu, hanya saya dengar kemarin diminta kepada kepala desa untuk merekomendasikan siapa saja yang layak menerima bantuan RTLH itu dan selanjutnya saya tidak tahu. Kadis Perkim dan juga Kepala Desa yang lebih tahu."tutur Haogosochi saat ditemui wartanias.com diruang kerjanya di Kantor Bupati Nias Utara. Rabu (3/5/2018).

Sebelumnya, Sesuai dengan hasil konfirmasi kepada Kepala Dinas Perkim Kabupaten Nias Utara, Bazisokhi Hulu bahwa hanya dua desa yang lulus verifikasi sebagai penerima bantuan RTLH di Kecamatan SitoluOri tahun 2017 ini yakni desa Hilimbosi sebanyak 25 unit dan desa Hilisalo'o sebanyak 20 Unit. Sementara empat desa lagi di Kecamatan SitoluOri menurutnya akan tetap diusulkan.

Tokoh masyarakat dari Kecamatan SitoluOri, Bazatulo Zega kemarin berharap kepada Pemda Nias Utara untuk tidak pilih kasih kepada masyarakat yang kurang mampu atas penetapan calon penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di kecamatan SitoluOri yang bersumber dari Dinas Perkim. 

Untuk diketahui, Program yang sama sudah pernah di anggarankan oleh Pemda melalui Dinas Sosial tahun 2017 yang lalu, sebanyak 21 unit yang di sebar di 11 kecamatan di Nias Utara, tanpa ada pilih kasih, pengecualian atau dianak tirikan. Itu pun hanya 21 unit, Sementara tahun ini cukup banyak ada 45 unit bantuan RTLH khusus kecamatan SitoluOri dari Dinas Perkim tapi bertumpuk di dua desa saja penerimanya.(HaogĂ´ zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara