Terbaru

109 Pesepakbola Berebut Tiket ke Belgia, Sihar: Ini Harapan Bagi Masa Depan Sepakbola Sumut

Sihar Sitorus |Foto: istimewa

MEDAN - Sebanyak 109 pesepakbola Sumatera Utara berebut meraih tiket pembinaan di akademi sepakbola di Belgia. Persaingan ke-109 pesepakbola berbakat ini di gelar di Stadion Teladan Medan, Minggu (24/6/2018).

Dalam ajang bertajuk Bola.com From North Sumatra to Belgium ini, 109 pesepakbola muda berbakat terpilih ini berasal dari enam kabupaten/kota di Sumatera Utara tempat digelar seleksi yang diikuti 600 peserta. Yakni, Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Padangsidimpuan, Sibolga, dan Dairi, yang dilakukan 2 sampai 13 Mei 2018 lalu.

Ketua Talent Scouting From North Sumatra to Belgium, Hadi, menyebut, uji kelayakan dari berbagai aspek kualitas pemain menjadi hal yang akan ditekankan pada pencarian bakat kali ini. Sebab, pemain terbaik terpilih nantinya bakal dikirim ke Belgia untuk berlatih bersama klub milik Sihar Sitorus. "Diharapkan talent scouting dan turnamen ini dapat menemukan bibit pemain terbaik yang akan diboyong ke Belgia untuk mengikuti pelatihan," kata Hadi.

Sedangkan Sihar Sitorus mengatakan, ajang ini sebagai pencarian bakat pesepakbola muda Sumut. Dari ajang inilah diharapkan mampu melahirkan pesepakbola yang selanjutnya dibina untuk menjadi lebih profesional. "Harapan saya itu, goalnya adalah dari ini ciptakan pemain yang profesional dan bisa tampil di liga-liga besar. Dari sini nantinya merekalah yang membawa harum nama Indonesia dan Sumatera Utara khususnya dalam dunia sepakbola," ujar Sihar.

Disinggung soal dasar digelarnya Bola.com From North Sumatra to Belgium ini, mantan Exco PSSI itu mengatakan, Sumut memiliki potensi besar akan bakat para pesepakbola muda yang dapat dikembangkan dan lebih ditingkatkan. Bakat itu pula yang menjadikan pesepakbola asal Sumut kerap menjadi langganan skuad Garuda di Timnas Indonesia. 

"Potensi ini harus dijaga. Kita harus mencari bibit-bibit pesepakbola usia muda, usia dini untuk dikembangkan dan ditingkatkan, sebagai proses regenerasi. Karena mereka inilah kedepannya yang mewakili Sumut, dan tentu harapan kita bersama, mereka ini sebagai cikal bakal harapan ke depannya," pungkas Sihar. (red/rls)

Iklan

Loading...
 border=