Terbaru

Kelompok Tani Tulus Minta Pemkab Nias Utara Bangun Akses Jalan

Plt. Sekda bersama anggota kelompok tani tulis
| Foto : Humas
Nias Utara - Untuk mempermudah pengangkutan hasil panen padi,  Kelompok Tani Tulus, Desa Umbubalodano meminta Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk membangun akses jalan umum menuju lokasi persawahan Sinoto sejauh 3 km.  

" Ada beberapa kesulitan petani antara lain alat mesin handtraktor hanya 1 unit, mesin perontok padi tidak ada, mesin menanam tidak ada, penggunaan air yang tidak merata, sering banjir, akses jalan umum menuju lokasi persawahan 3 km belum dibuka sehingga pengangkutan hasil panen padi diangkut dikepala," terang Ketua Kelompok Tani Tulus, Yunieli Zega, dihadapan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Raradodo Waruwu dan rombongan saat meninjau potensi lahan sawah Sinoto, Desa Umbubalodano, Kecamatan Sitolu Ori, Selasa (29/5/2018).

Menurut keterangan, Ketua Kelompol Tani, hingga saat ini Lahan yang dikelola kelompok dengan anggota sebanyak 21 kepala keluarga tersebut seluas 45 ha dan masih ada seluas 20 ha lagi yang belum dimanfaatkan.

Minimnya fasilitas dan sarana yang dimiliki Kelompok Tani di lahan sawah Sinoto tersebut menjadikan pengolahan lahan mereka jauh tertinggal dari kelompok Tani lainnya. Sehingga pada kesempatan itu PPL Awa’ai, Otilina Harefa bermohon kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui dinas terkait agar usulan bantuan dapat segera terealisasi sehingga masyarakat petani sawah tidak kesulitan dalam mengolah persawahan.

Menjawab permohonan tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perukim), Bazisokhi Hulu yang turut hadir menyatakan akan menyiapkan infranstruktur pembangunan aliran dan penampungan air sehingga pembagian air dapat mengalir secara merata dilahan persawahan, dan mengharapkan kepada masyarakat untuk menyiapkan hibah tanah dan pembebasan lahan selebar 8 meter pada akses jalan yang akan dibangun.

Turut hadir bersama Pj. Sekda Kabupaten Nias Utara, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara,  Yaaman Telaumbanua,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Idaman Johan Hulu, Kabag Humas, Yuniaro Zega,  Sekretaris Bappeda, Koramil, Sekcam, Koordinator PLL Sitolu Ori dan seluruh PLL Pertanian Sitolu Ori. (Haögo Zega/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara