Terbaru

Kapolres Nias: 'Tuo Nifaro' Tidak Dimusnahkan, Tapi Dikontrol

Kapolres Nias bersama Personil di Sirombu
Nias barat |Foto: OD

Nias, - Tuak suling Nias atau yang lebih dikenal dengan nama 'Tuo Nifaro' dalam waktu dekat,  rencananya akan ditertibkan oleh pihak Kepolisian Resor Nias. Penertiban yang dilakukan bukan dengan cara memusnahkan namun ada pengontrolan khusus dari Tuo Nifaro ini.

"Tidak ada pemusnahan secara permanen. 
Yang kita terapkan ialah mengontrol dan menata Produksi, Distribusi, Konsumsi dan Kadar dari tuak suling atau Tuo Nifaro tersebut," terang Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan saat ditemui wartanias.com sebelum menggelar Nonton Bareng Piala Dunia 2018 di Aula Kamtibmas Polres Nias, Sabtu (07/07/2018) malam.

Dikatakannya bahwa nantinya akan dibuat regulasi khusus serta akan ada pengecualian penggunaan Tuo nifaro seperti pada pelaksanaan pesta adat dan kebudayaan lainnya.

"Pokoknya kita juga berharap agar Peraturan Daerah (Perda) tetang Tuo Nifaro dapat segera dirumuskan dan disahkan oleh Pemerintah Daerah sebagai acuan kita dalam mengontrol tuak suling ini," ujarnya.
 
Ditambahkannya bahwa pihaknya telah berencana melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Tuo Nifaro serta akan mendatangkan narasumber dari beberapa kalangan.

"Diantaranya, kita akan mendatangkan narasumber dari balai POM termasuk juga tokoh yang menguasai kebudayaan di Nias dan beberapa narasumber lainnya," jelasnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara