Terbaru

Kurnia Zebua: Keluarga Mempunyai Peran Penting Dalam Pendidikan Anak

Kadisdik Gunungsitoli Kurnia Zebua (kiri) |
Foto: istimewa
Gunungsitoli, - Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Kurnia Zebua menekankan bahwa keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendidikan sang anak.

Hal itu disampaikan Kurnia pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli bertempat di Aula Pertemuan Hotel Dian Otomosi Kecamatan Gunungsitoli, Selasa (10/07/2018) sore. 

Dikatakannya bahwa perkembangan anak akan dipengaruhi oleh pola pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga. Selain itu, faktor lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan berperan dalam perkembangan anak. 

"Berbagai tantangan dalam pendidikan anak diera Globalisasi membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak secara optimal," harapnya.

Selain itu, dia juga mengklaim bahwa fenomena yang terjadi ini ialah seakan-akan keluarga atau satuan pendidikan atau masyarakat melaksanakan tugas dan fungsinya sendiri-sendiri dalam memberikan pelayanan pendidikan terhadap seseorang anak. 

"Oleh karena itu perlu adanya kesinergian melalui kemitraan antara Keluarga, Satuan Pendidikan dan Masyarakat atau yang sering dikenal dengan istilah Tri Pusat Pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan sehingga mampu menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik," tegasnya. 

Lebih jauh dia juga berharap dengan pelaksanaan Bimbingan teknis ini, seluruh pelaku pendidikan di Kota Gunungsitoli dapat menyadari betapa pentingnya pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan baik di tengah-tengah keluarga, disatuan pendidikan dan dilingkungan masyarakat. 

"Satuan pendidikan dihimbau untuk mengimplementasikan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan. Saudara Penilik atau Pengawas satuan pendidikan hendaknya memberikan pendampingan dan pengawasan kepada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan ini," pesannya. 

Tidak hanya itu, Kurnia Zebua juga mengharapkan adanya peran serta semua pihak termasuk komite sekolah dan organisasi mitra untuk mendorong sekolah-sekolah melibatkan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikannya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara