Terbaru

Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat di Sosialisasikan di Gunungsitoli

Sosialisasi KIM di Gunungsitoli |Foto: istimewa
Gunungsitoli,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Gunungsitoli, Rabu (18/07/2018) di Aula Bappeda Pemko Gunungsitoli.


Acara ini dibuka resmi oleh Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Gunungsitoli Folata Mendrofa serta didampingi oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah dan narasumber dari dinas Kominfo Sumatera Utara.


Dalam arahan tertulisnya yang dibacakan Folata, Wali Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa tujuan sosialisasi KIM itu untuk membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat bagi segala aspek pembangunan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

"KIM ini dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa selalu memberdayakan," ujar Folata.


Kesenjangan informasi antara komunitas dan masyarakat menurut Lakhomizaro menyebabkan ketidaklancaran informasi dari masyarakat ke pemerintah dan sebaliknya. 

"Tugas dan fungsi keberadaan kelompok informasi masyarakat adalah sebagai penyerap informasi dari masyarakat dan dari pemerintah serta mengolah informasi sebagai bahan masukan berbagai pihak. Oleh karena itu tentunya informasi yang berkembang melalui KIM diharapkan adalah informasi yang riil dan dapat diandalkan akurasinya," jelasnya. 

Ia berharap semoga dengan adanya sosialisasi itu nasyarakat khususnya yang tergabung dalam komunitas informasi masyarakat dapat lebih berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini dan memberikan pemanfaatan lingkungan yang positif bagi pembangunan kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.

Adapun Peserta pada sosialisasi KIM tersebut adalah berasal dari masing-maisng utusan masyarakat dari kecamatan dan kelurahan di kota Gunungsitoli. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara