Terbaru

Bimtek Pendidikan Keluarga Dilaksanakan di Nias Utara

Bimtek pendidikan keluarga di Nias Utara
|Foto: Istimewa
Nias Utara,- Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga, di hotel charlita Kota Gunungsitoli pada bulan Juli lalu.


Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal, Santonius Zai, S.Ag, Jumat (03/08/2018) mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek tersebut untuk memberikan pemahaman atas tugas dan tanggung jawab terutama orang tua dalam mendidik, membina serta mengarahkan anak-anaknya, karena seorang anak mendapatkan pendidikan yang pertama dari keluarga kemudian dari satuan pendidikan dan dari lingkungan masyarakat.


Selama ini menurut dia, terkadang orang tua atau masyarakat berpendapat bahwa yang memiliki tanggungjawab penuh terhadap pendidikan seorang anak itu semata-mata hanya dari guru di sekolah saja, padahal seorang anak itu lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga.


"Pada paradigma baru ini, untuk mensinergitaskan pendidikan anak, peran orang tua sangat dibutuhkan," ucapnya.


Santonius Zai berharap kepada peserta yang telah mengikuti bimtek penyelenggaraan pendidikan keluarga dari tanggal 9 sampai 12 juli 2018 kemarin dapat mengimplementasikan kepada keluraga dan masyarakat, sehingga orang tua anak menyadari betapa penting perannya terhadap pendidikan seoarang anak.


Peserta pada bimtek tersebut yakni para Pengawas SD dan SMP sebanyak 34 orang, dari Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia, dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang masing-masing 3 orang, kemudian hadir dari unsur Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SD dan SMP, dan Kepala PAUD yang masing-masing 1 orang. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara