Terbaru

Diduga Kerabat Bupati Nias Utara, Kades Ombolata Afulu 'Keras Kepala'

Kades Ombolata Afulu bersama Bupati |
Foto: istimewa

Nias Utara,- Diduga kerabat dan salah satu Tim Sukses (TS) pasangan Bupati Nias Utara pada pemilihan kepala daerah dua tahun yang lalu, kepala desa Ombolata afulu Artinus Waruwu keras kepala serta tidak menghiraukan rekomendasi Bupati Nias Utara untuk membayarkan honorarium kepala dusun di desanya.

Warga Desa Ombolata Afulu, kepada wartanias.com, mengatakan kepala desanya itu merupakan salah satu Tim Sukses M Ingati Nazara pada Pilkada 2015 lalu.

"Artinus Waruwu itu adalah ketua tim sukses pak Ingati Nazara khusus di kecamatan afulu dulu, mereka itu kan dekat, wajar saja dia membantah rekomendasi pak bupati," ucap warga desa Ombolata Afulu itu, Ama Sefi Gea saat berbincang-bincang dengan wartanias.com di Kecamatan Afulu, Kamis (9/8/2018).

Warga lainnya yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku sering bertemu dan bercerita bersama kepala desa Ombolata afulu tersebut di Afulu. Kades tersebut mengaku bahwa surat rekomendasi bupati untuk membayarkan honorarium kepala dusun di desanya sudah hal biasa.

"Kalau surat rekomendasi itu kan hal biasa, sekali kutelpon aja pak bupati pasti amanlah itu," kata narasumber wartania.com tersebut menirukan ucapan Artinus Waruwu.

Mendengar hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kabupaten Nias Utara, Agusman Hulu mengaku menyesalkan sikap kepala desa Ombolata afulu yang menurunkan marwah bupati nias utara.

"Jika benar kepala desa Ombolata afulu itu merupakan salah satu tim sukses pak Ingati dulu, harusnya dialah yang lebih loyal bukan mengabaikan seperti itu, karena pak bupati itu bukan hanya bupatinya tim sukses tapi bupati nias utara yang dipilih oleh seluruh masyarakat Nias Utara," kata Agus Hulu di Lotu.

Dia berharap kepada Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara segera memberi teguran kepada kepala desa Ombolata afulu agar hal ini tidak menjadi bahan tiruan bagi kepala desa yang lain di Nias Utara.

Untuk diketahui, pada bulan mei 2018 yang lalu Bupati Nias Utara telah merekomendasikan kepada kepala desa Ombolata afulu melalui camat Afulu, untuk mengaktifkan kembali Taliia Gea sebagai Kepala Dusun dan membayarkan honorariumnya terhitung sejak bulan juli 2017, namun hingga kini kepala desa Ombolata afulu tersebut tidak menghiraukannya.

Wartanias.com saat hendak meminta tanggapan dari kepala desa Ombolata afulu tidak berhasil ditemui, di konfirmasi melalui telepon seluler juga tidak bisa tersambung. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara