Terbaru

Dinas PUPR Anggarkan 3 Miliar Dana Untuk Sarana Air Bersih di Nias Utara

Salah satu SAB di Nias Utara |Foto: Haogô
Zega

Nias Utara,- Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Utara mengalokasi dana sebesar 3 Miliar untuk peningkatan Sarana Air Bersih (SAB) di wilayah Nias Utara.

Hal itu disampaikan Kadis PUPR Yulius Zai saat berbincang-bincang dengan wartanias.com di Lotu, Rabu (15/08/2018).

"Khusus Bidang Tata Kota anggarannya tiga miliar, tahun ini kita tingkatkan sarana air bersih yang sudah ada di Kecamatan Lotu dan di Kecamatan Lahewa, kita akan mengupayakan memperbanyak sambungan pipa yang masuk ke rumah-rumah warga," tutur Yulius.

Bukan hanya itu, Kepala Dinas PUPR juga berencana akan mengambil sumber air yang ada di desa Lawira Satua kecamatan Lotu  untuk diarahkan ke Rumah Sakit Pratama di desa Lolofaoso.

D nantinya masyarakat Nias Utara mendapatkan pelayanan yang maksimal saat berobat dirumah sakit umum tersebut.

Dinas PUPR juga berencana membuat regulasi peraturan untuk mengumpulkan retribusi kepada pengguna sarana air bersih ini di Nias Utara sehingga PAD Nias Utara bertambah.

"Kedepan, kita mengajak kerja sama khusus masyarakat pengguna air ini baik di lotu begitu pun di lahewa untuk merencanakan retribusi menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena dengan adanya retribusi ini nantinya pemakaian air dapat di hemat dan tidak mengalir terbuang begitu saja seperti selama ini," tambah Yulius. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara