Terbaru

Rapat Forkada Pulau Nias Bahas Pesta Ya'ahowu dan Pembangunan Bandara Binaka

Rapat Forkada di pulau Nias |Foto: istimewa
Nias Barat,- Lima kepala daerah yang tergabung dalam Forum Kepala Daerah (Forkada) di Pulau Nias membahas pembangunan bandara Binaka Gunungsitoli dan pelaksanaan pesta Yaahowu yang akan digelar tahun 2018 ini.

Rapat Forkada tersebut digelar di Kantor Bupati Nias Barat dan dihadiri seluruh kepala Daerah yakni Bupati Nias barat Faduhusy Daeli, Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Bupati Nias Utara M Ingati Nazara dan Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, Selasa (21/08/2018).

Ketua Forkada yang juga sebagai Bupati Nias Barat Faduhusy Daeli mengatakan bahwa agenda rapat FORKADA kali ini menyangkut Pemantapan rencana pembangunan Bandara Binaka Gunungsitoli dan Pelaksanaan Pesta Ya'ahowu Tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Nias Selatan.

"Agenda rapat yakni pembahasan pembangunan bandara binaka, pesta Yaahowu di Nias Selatan, pembentukan provinsi kepulauan Nias dan penetapan wilayah perbatasan kabupaten kota di Pulau Nias," jelas Faduhusy.


Selain itu, rapat juga membahas pengembangan karir ASN di lingkungan masing-masing-masing Kabupaten Kota se-Kepulauan Nias.


"Kita berharap pada rapat FORKADA kali ini  kita bisa dapatkan solusi dalam berbagai permasalahan yang kita hadapi di kepulauan Nias," tutur Bupati Faduhusi Daely.

Faduhusy juga menginformasikan bahwa pembangunan jalan ring road lingkar barat dari titik nol Pelabuhan Sirombu menuju Afulu Kabupaten Nias Utara sedang berlangsung dan proyek ini akan berlanjut selama tiga tahun kedepan.

"Dengan selesainya pembangunan jalan ini, maka ring road keliling Pulau Nias telah terhubung dan akses perekonomian masyarakat akan meningkat," tegas Bupati.

Turur hadir pada rapat FORKADA kali ini antara lain Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE, MM, Ketua BPP-PKN Mayjen TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM, Sekum BNKP Ibu Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh, Tokoh Masyarakat Kepulauan Nias Drs. Penyabar Nakhe, Ketua DPRD Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M.Si dan sejumlah Stakeholder baik dari PLN, Garuda Air Ways serta Sekda Nias Barat dan segenap Pimpinan OPD lingkup Pemkab Nias Barat. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara