Terbaru

Kawal Pemilu 2019, Polres Nias Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Gelar pasukan di Polres Nias |Foto: Ferry
Harefa
Gunungsitoli - Kepolisian Resor Nias melaksanakan Apel Gelar pasukan Operasi mantap Brata Toba 2018 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nias, Rabu (19/09/2018).

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Tahun 2018 tersebut merupakan salah satu langkah dari Kepolisian untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan terhadap Pemilu tahun 2019 mendatang. 

Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, Waka Polres Nias,  Kompol Elizama Zalukhu bertindak sebagai Pimpinan Apel dan membacakan Amanat Kapolri.

"Perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman lancar dan damai. Jaga netralitas TNI dan Polri serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu," ungkap Kompol Elizama saat membacakan amanat Kapolri. 

Selain itu, ia mengimbau personil agar mengedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

"Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol bersama masa pendukungnya, Pemda, Media,  Tokoh Masyarakat serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku," himbaunya. 

Deklarasi pemilu damai dimasing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu menurut dia sangat perlu. 

"Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi serta lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif," tuturnya. 

Apel tersebut turut dihadiri oleh beberapa unsur diantaranya Walikota Gunungsitoli diwakili oleh asisten, Bupati Nias diwakili oleh asisten, Bupati Nias Utara diwakili oleh asisten, Bupati Nias Barat diwakili oleh asisten, Dansub Denpom Nias, Kajari Gunungsitoli diwakili oleh Kasi Pidum, Kepala SKPD Kabupaten dan Kota, Komisioner KPU Kabupaten dan Kota, Personil Polres Nias, Personil Kodim 0213 Nias, Dishub Kota Gunungsitoli, Satpol PP Kota Gunungsitoli serta Ormas Pemuda Pancasila. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara