Terbaru

Tim Pusfatja Lapan Lakukan Survei di Perairan Nias Utara

Tim Pusfatja Lapan |Foto: Haogô Zega

Nias Utara,- Tim peneliti dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) RI lakukan survei lapangan di perairan Kabupaten Nias Utara, untuk menentukan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menjelaskan kedatangan tim Pusfatja ke Nias Utara merupakan tindaklanjut penandatanganan nota kerjasama antara pemerintah kabupaten Nias Utara dengan Lapan pada bulan juli yang lalu.

"Tim Pusfatja dari Lapan telah melakukan survei titik koordinat penangkapan ikan diwilayah perairan nias utara menuju perairan aceh, karena dengan ini nelayan kita mudah menemukan lokasi dimana seharusnya mereka menangkap ikan," jelas Sabar Jaya saat diwawancarai wartanias.com diruang kerjanya, Rabu (12/9/2018).

Selama ini menurut Sabar, nelayan di Nias Utara hanya mengandalkan semacam tanda-tanda lama ketika hendak melaut, bahkan sering nelayan kembali dengan hasil yang kurang memuaskan.

"Dengan alat teknologi atau GPS ini, nelayan kita nantinya bukan lagi mencari ikan tapi pergi menangkap ikan, karena sudah ditentukan titik koordinat ZPPI dari satelit melalui informasi dari Lapan," katanya.

Sabar jaya juga mengatakan hal ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Nias utara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nias utara utamanya yang berprofesi nelayan, sehingga penghasilan nelayan dapat meningkat dibanding sebelumnya.

"Ada tiga ribu lebih nelayan yang baru kita data, dan kami menghimbau untuk terus bekerjasama, dengan segera membentuk kelompok nelayan melalui KUB, Pokdakan, dan mengurus kartu nelayannya," imbau Sabar Jaya.

Hal senada disampaikan oleh Pegawai di Bidang Perikanan tangkap pada Dinas Perikanan Nias Utara, Yuliaman Zai yang bersama-sama dengan Tim Pusfatja saat melakukan survei lapangan, mengatakan masyarakat nelayan sangat menyambut baik penentuan ZPPI tersebut.

"Saat tim Pusfatja mengunjungi sejumlah nelayan, masyarakat sangat antusias atas program ZPPI ini, bahkan mereka berkeinginan untuk memperluas lokasi titik koordinat tersebut," terang Yuliaman.

Tim Pusfatja dari Lapan yang melaksanakan survei lapangan itu diwilayah perairan Nias utara adalah Sartono Marpaung,S.SI, Prof.Muchlisin Arief, Dr.Ety Parwati,M.Si, Dra.Maryani Hartuti,M.Si, dan Anang Dwi Purwanto,S.SI, M.SI. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara