Terbaru

Cegah Stunting, Disdik Nias Utara Laksanakan Sosialisasi 1.000 HPK

Sosialisasi pendidikan keluarga 1.000 HPK
|Foto: istimewa
Nias Utara,- Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, serta mendukung perkembangan anak dan pencegahan stunting. Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara menyelenggarakan sosialisasi tentang pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Sosialisasi pendidikan keluarga tersebut dilaksanakan di gedung Gereja BNKP Kota Lotu, Kamis (11/10/2018).

"Mengapa dipandang perlu sosialisasi pendidikan keluarga pada seribu hari pertama kehidupan ini dilaksanakan, berdasarkan data statistik termasuk diderah kita ini ada saudara-saudara kita yang pertumbuhan fisiknya tidak sesuai dengan umurnya atau stuting," ucap Kepala Bidang PAUD, Santonius Zai saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara membuka secara resmi sosialisasi itu.

Menurut dia, berdasarkan hasil penelitian, stuting itu dipastikan karena adanya gangguan kesehatan, sehingga sangat terpengaruh pada tinggkat kecerdasan dan pertumbuhan seorang anak.

"Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah stuting ini yakni dengan cara disosialisasikan karena keluargalah yang mempunyai peran penting, orang tualah yang memperhatikan pertumbuhan anak sejak umur 0 hingga 1000 hari," tambah Santo sembari membuka secara resmi sosialisasi.

Senada dengan ketua panitia sosialisasi, Arieli Zalukhu saat menyampaikan laporannya juga mengatakan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk masyarakat desa tentang pendidikan keluarga pada 1000 hari pertama kehidupan.

"Sosialisasi ini juga untuk mendorong perwakilan masyarakat desa memperkuat pendidikan keluarga diwilayah masing-masing," ujar Arieli.

Sosialisasi pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan ini dilaksanakan hingga hari Jumat besok dengan peserta dari Kecamatan yang berbeda.

Peserta yang hadir untuk hari ini hanya lima kecamatan yaitu dari Kecamatan Alasa, Alasa Talu Muzoi, Afulu, Lahewa, dan Lahewa Timur. 

Sedangkan besoknya hari jumat tanggal 12 oktober 2018 itu pesertanya dari Kecamatan Tugala Oyo, Lotu, Sawo, Tuhemberua, SitoluOri, dan Namohalu Esiwa. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara