Terbaru

Nelayan Nias Utara Ikuti Pelatihan Ankapin dan Atkapin di Medan

Pelatihan nelayan di Medan |Foto: istimewa
Nias Utara,- Sebanyak 22 orang nelayan Nias utara sedang mengikuti pelatihan Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (Ankapin) dan Ahli Teknikal Kapal Penangkap Ikan (Atkapin) di Medan Belawan. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 20 hari sejak tanggal 15 Oktober 2018 kemarin. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (22/10/2018).

"Sebanyak 22 orang nelayan dari Nias Utara sedang mengikuti pelatihan tersebut, dan ini juga pelatihan pertama kali diselenggarakan oleh Balai Penelitian dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan Sumatera Utara," katanya.

Menurutnya, pelatihan Ankapin dan Atkapin ini juga salah satu kegiatan yang harus diwujudkan sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 3 tahun 2017.

"Sebagaimana arahan presiden Bapak Joko Widodo atas kunjungannya di Kepulauan Nias pada tanggal 19 agustus 2016 bahwa sektor perikanan merupakan potensi terbesar di pulau Nias, maka kita berusaha menggali potensi itu untuk dikembangkan diwilayah Kabupaten Nias Utara melalui pengembangan sumberdaya manusia," tutur Sabar Jaya 

Karena pelatihan tersebut ada pertama kalinya, Sabar Jaya Telaumbanua berharap kepada peserta pelatihan agar nantinya dapat mengimplementasikan materi pelatihan kepada nelayan lainnya di Nias utara, dan pihaknya pun tetap berusaha pelatihan ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, sehingga nelayan lainnya juga dapat mengikuti.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Teknologi Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Adrianus Ziliwu menambahkan peserta pelatihan yang 22 orang tersebut masing-masing berasal dari dari kecamatan pesisir yaitu dari Kecamatan Afulu, Lahewa, Lahewa Timur, Lotu, Sitolu Ori, Sawo, dan Tuhemberua.

"Mereka akan mengikuti pelatihan peningkatan skil, mengoperasikan kapal, pemakaian navigasi, pemakaian peta laut dan lain sebagainya," terang Adrianus. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara