Terbaru

Parit Beton Yang Dibangun Dari Dana Desa Sisarahili Teluk Siabang Ambruk

Parit beton yang ambruk |Foto: Haogô Zega

Nias Utara,- Sekitar 50 meter Parit beton di desa Sisarahili Teluk Siabang kecamatan Sawo telah ambruk, padahal parit beton itu baru selesai dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Dana Desa. Senin (15/10/2018).

Parit beton yang menelan anggaran Dana Desa Sisarahili Teluk Siabang itu sebesar Rp.266.448.200. Sesuaj yang tertera pada papan informasi kegiatan, volume pekerjaan ada sepanjang 330 meter.

Kini sebagian telah ambruk yang menurut warga sekitar diakibatkan karena tidak sesuai perbandingan bahan material saat dikerjakan.

"Kalau kita perhatikan yang sudah ambruk ini nampak kurang perbandingannya lebih banyak pasir dari pada semen, penggalian pondasi tidak sesuai pada perencanaan awal, yah wajar saja seperti ini kondisinya ambruk," ujar salah satu warga yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Warga lainnya, berinisial NT dilokasi pembangunan juga mengatakan pihak pemerintah desa terutama Tim Pelaksana Kegiatan selama ini tidak melibatkan masyarakat untuk bekerja.

"Sejak awal dimulai pekerjaan pada pembangunan parit beton ini, kami masyarakat pun tidak dilibatkan, tim selama ini mengerjakannya secara borongan, padahal kami dengar juga dana desa ini diutamakan masyarakat yang bekerja sesuai program padat karya tunai" ucap NT kesal.

Kepala Desa Sisarahili Teluk Siabang kecamatan Sawo, Tonawamati Telaumbanua saat ditemui tidak ada dirumahnya, dihubungi melalui sambungan telepon selulernya seorang wanita menjawab bahwa kepala desa sedang keluar rumah.

"Kalau bapak tidak ada, barusan berangkat keluar," jawab seorang wanita di nomor HP kepala desa tersebut.

Dikonfirmasi kepada Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Sukemi Harefa mengatakan pihaknya akan segera menghubungi kepala desa Sisarahili Teluk Siabang untuk segera meminta konfirmasi terkait ambruknya pekerjaan fisik pada Dana Desa tersebut.

"Terimakasih dulu informasinya, saya akan hubungi kepala desa itu sekarang," kata Sukemi. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara