Terbaru

Pemerintah Kabupaten Nias Peringati Hari Koperasi Tahun 2018

Peringatan hari koperasi di nias |Foto: AB
Nias, - Pemerintah Kabupaten Nias menggelar acara peringatan Hari Koperasi Ke-71 Tahun 2018 dengan tema 'Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Rakyat' bertempat di Bozihona, Kamis (25/10/2018).

Pada arahan dan bimbingannya, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli mengatakan bahwa koperasi merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota berdasarkan asas kekeluargaan. 

"Secara nasional koperasi telah mengalami perkembangan sangat pesat yang pada eksistensinya koperasi dapat berperan sebagai salah satu unsur pendukung dalam pembangunan yang berkontribusi nyata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan masyarakat," tuturnya. 

Dikatakannya bahwa, bila diperhatikan masih ada banyak koperasi yang belum berhasil sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi, memiliki permasalahan internal, kesulitan permodalan dan persoalan organisational lainnya. Masih banyak pula anggapan negatif, pandangan pesimis dari sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

"Kondisi seperti ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat dalam undang-undang dasar 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan. Untuk itu pemerintah telah melakukan berbagai upaya secara terencana konsepsional dan berkesinambungan untuk mewujudkan kemandirian koperasi," tambahnya.

Selain itu Bupati Nias juga menghimbau kepada seluruh pengawas, pengurus serta anggota gerakan koperasi agar dapat memantapkan pemberdayaan kegiatan usahanya baik dari segi manajemen, permodalan serta pemasaran.

"Dan yang paling penting adalah tertib administrasi pembukuan dan keuangan sehingga dengan demikian seluruh anggota koperasi beserta masyarakat semakin percaya bahwa koperasi dapat diandalkan dalam berbagai hal terutama dalam mewujudkan kesejahteraan anggota," ungkapnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=