Terbaru

Gubernur Sumut Lakukan Penanaman Raya Di SMK N 2 Tuhemberua

Edy Rahmayadi saat di SMKN 2 Tuhemberua
|Foto: istimewa
Nias Utara - Untuk merevitalisasi SMK dalam rangka membangun desa menata kota, mencintai pertanian menuju Sumatera Utara Bermartabat, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan penanaman raya di SMK Negeri 2 Tuhemberua, Kamis (1/11/2018).

Saat menyampaikan sambutannya, Edy menjelaskan bahwa Revitalisasi SMK menjadi salah satu langkah dan cara untuk mengentaskan kemiskinan di Nias. SMK akan dilibatkan untuk mencetak generasi yang ahli dalam bidang-bidang tertentu dan menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat Nias.

"Seperti SMK Negeri 2 Tuhemberua, khususnya yang jurusan pertanian, harus bisa turun dan membimbing masyarakat di sekitar sekolah untuk aktivitas pertanian. Dimanfaatkan ilmunya untuk memajukan daerah kita, begitu pun dengan kejuruan lainnya," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis menyampaikan bahwa revitalisasi SMK bertujuan untuk memfungsikan kembali sekolah-sekolah SMK khususnya jurusan pertanian yang ada di Kepulauan Nias untuk mengerjakan dan menjadi narasumber bagi masyarakat petani di Kepulauan Nias.

"Kita bermitra antara pemerintah daerah dan provinsi. Seperti Dinas Pertanian Nias Utara yang datang kemari dan mengajar di SMKN 2 yang merupakan kewenangan provinsi, mereka datang dan menjadi penyuluh. Sinergi seperti ini lah yang harus terus kita bina, untuk mencapai tujuan-tujua yang baik," ucap Arsyad.

Acara juga dirangkaikan dengan penyerahan SK Guru Tidak Tetap (GTT Non PNS) oleh Gubernur  kepada sekolah Kepulauan Nias jenjang SMA, SMK, dan SLB. Selain itu, Gubernur bersama Dinas Pertanian Nias Utara juga menyerahkan bantuan berupa alat pendukung aktivitas pertanian kepada masyarakat petani dan SMKN 2 Tuhemberua. Diantaranya hand tracktor roda dua 15 unit, cultivator 6 unit, mesin pompa air 10 unit, mesin penanam padi 5 unit, alat tanam jagung 5 unit, alat semprot 5 unit, bantuan benih jagung, benih padi gogoh dan pupuk organik.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Provsu Azhar Harahap, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provsu Ria Telaumbenua, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara Provsu Wan Hidayati, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, OPD dan unsur forkopimda Nias Utara. (red/rls)

Iklan

Loading...
 border=